Journalism

Cara Asyik Belajar Jurnalistik

Aksesibilitas informasi membuat semua orang berlomba-lomba menjadi seorang Jurnalis instan! Tapi, gimana ya caranya biar tetap kredibel, bertanggung jawab dan cekatan? Pelajari ilmu jurnalistik dengan cara yang asyik langsung dari pakarnya dengan mempelajari proses pembuatan berita mulai dari wawan

... read more

Rp350.000

TINGKATAN

BASIC

HANDOUT

SERTIFIKAT

LOKASI

Online

BELAJAR DENGAN AHLINYA

Zen RS

Editor in Chief Narasi

Zen RS

Editor in Chief Narasi

Berkecimpung di dunia jurnalistik selama lebih dari 1 dekade, Zen RS sejak tahun 2012 telah membangun Pandit Football Indonesia, portal informasi olahraga yang menyajikan informasi analisis industri sepakbola Indonesia.

Zen kemudian bergabung dengan Tirto.id selama 3 tahun sebelum akhirnya menjadi Pemimpin Redaksi Narasi, yang bertanggung jawab atas mekanisme dan seluruh kegiatan terkait redaksi di Narasi.

APA SAJA YANG AKAN KAMU DAPATKAN?

  • Memahami pengertian dasar mengenai jurnalisme.
  • Mengetahui proses pembuatan berita mulai dari penelitian, wawancara, pengolahan hingga penyiaran (peliputan).
  • Mampu membedakan tipologi jurnalisme (slow journalism, soft news, hard news, investigasi dll).
  • Mempelajari faktor-faktor copywriting dan scriptwriting dalam penyampaian berita agar memiliki cerita yang lebih kuat.
  • Mampu memahami riset dan validasi sumber data dalam penyampaian informasi ke masyarakat.

HAL APA SAJA YANG AKAN KAMU PELAJARI

Yuk kenali dahulu kelas dan narasumber yang ahli di bidangnya pada kelas Cara Asyik Belajar Jurnalistik kali ini!

  • Selamat Datang di Kelas Jurnalistik!

Tahu nggak sih, ternyata seorang Jurnalis itu dilindungi oleh Undang-Undang lho! Eits, tapi apakah semua orang yang menyiarkan informasi dapat disebut Jurnalis? Nah, video ini akan mengupas tentang profesi Jurnalis di Indonesia!

  • Jurnalisme Sebagai Profesi dari Sang Ahli

Dewan Pers adalah salah satu lembaga penting yang memberikan perlindungan bagi seluruh Jurnalis. Ada perlakuan khusus bagi produk jurnalistik maupun Jurnalis yang terlibat dalam sebuah sengketa lho! Simak penjelasan lengkapnya di sini.

  • Cara Tepat Untuk Menyelesaikan Sengketa Pers

Tahu nggak sih, ternyata seorang Jurnalis itu dilindungi oleh Undang-Undang lho! Eits, tapi apakah semua orang yang menyiarkan informasi dapat disebut Jurnalis? Nah, video ini akan mengupas tentang profesi Jurnalis di Indonesia!

  • Pelajari Ilmu Menjadi Seorang Jurnalis

Nggak hanya alat penunjang, sikap inisiatif, keahlian riset dan penguasaan berita juga harus kamu miliki sebelum memproduksi sebuah karya jurnalistik. Yuk pelajari lebih mendalam mengenai pentingnya panduan liputan jurnalistik pada video ini!

  • Tonton Panduan Mudahnya di Sini

Mau coba jadi Jurnalis? Coba kuasai dulu Jurnalisme Digital, Citizen Journalism, dan Slow Journalism. Tapi kira-kira apa ya perbedaanya? Apa kita semua bisa dengan mudah menciptakan produk jurnalistik tersebut? Jawaban lengkapnya ada di video ini!

  • Kuasai Keahlian Awal Jurnalistik-mu di Sini

Selain konten berita yang bagus, kamu juga perlu strategi distribusi berupa tulisan yang menarik agar berita dapat tersampaikan ke khalayak luas. Dalam hal ini, copywriting memiliki peran yang sangat besar agar berita yang kamu sampaikan menjadi spotlight audience di berbagai channel. Yuk belajar copywriting di kelas kali ini!

  • Luluhkan Audience dengan Copywriting

Ternyata, cerita pada sebuah produk jurnalistik sangat berpengaruh untuk memengaruhi perasaan audience-mu lho! Tapi, cara penulisan naskah pada karya jurnalistik sangat berbeda dengan penulisan naskah biasanya. Dibutuhkan treatment khusus agar naskahmu bisa berkembang menjadi berita yang terpercaya. Pelajari selengkapnya di sini!

  • Bangun Emosi Audience dari Beritamu

Selamat! Kamu sudah mengikuti kelas Cara Asyik Belajar Jurnalistik. Semoga kamu bisa menjadi seorang Jurnalis yang berkualitas, ya!

  • Rekap Akhir Kelas Jurnalistik!

Tinjau kembali semua materi yang telah kamu pelajari dengan mengikuti quiz ini! Kamu juga akan mengetahui hasil akhir serta kompetensi yang kamu dapatkan

  • Buktikan Keahlianmu di Sini!