Narasi TV

Artikel Narasi

Dari Redaksi: Pimpinan Pesantren Perkosa 21 Santri hingga Lahir 9 Bayi, Ada Kabar Apa Lagi Sepekan Terakhir?

Image

Senin, 13 12 2021

Masih adakah yang menyalahkan pakaian korban kekerasan seksual?

Kurang tertutup apa lagi pakaian anak pesantren sampai-sampai masih jadi korban pemerkosaan pimpinannya?

I

Pimpinan Ponpes di Bandung Perkosa 21 Santri

Lagi, lagi, kasus kekerasan seksual terungkap. Kali ini, pelakunya adalah Harry Wirawan, Pimpinan Pondok Pesantren Madani Boarding School, Bandung.

Ada 9 bayi yang lahir akibat perbuatan Harry. Kasus ini seolah menegaskan, kekerasan seksual bisa dilakukan siapa saja, tanpa terkecuali. Jadi tetap waspada!

Tonton videonya:

Pimpinan Ponpes Perkosa Santri hingga Lahir 9 Bayi | Narasi Newsroom

II

Satu per Satu Kebejatan Predator Kekerasan Seksual Terbongkar

Indonesia darurat kekerasan seksual!

Sepekan kemarin, kasus-kasus pelecehan seksual mulai banyak bermunculan dan jadi perhatian. Mulai dari kasus mahasiswa UNSRI berinisial DR yang namanya tidak disebut di daftar yudisium pada 3 Desember 2021.

DR adalah korban kekerasan seksual oleh salah satu oknum dosen di kampusnya. Di hari yang sama, oknum dosen tersebut juga mangkir dari panggilan kepolisian.

Lalu, ada kasus yang pelakunya anggota polisi. Bripda Randy Bagus diduga memperkosa dan memaksa pacarnya, Novia Widyasari, melakukan aborsi sampai dua kali hingga membuat Novia bunuh diri karena depresi.

Tonton videonya:

Kasus Bunuh Diri NW: Bripda Randy Tersangka, Penanganan Polisi Dikritik | Narasi Newsroom

DARI UNSRI SAMPAI NOVIA, INDONESIA BELUM BISA BONGKAR RAPE CULTURE | Narasi Pagi

Kasus NW dan Rape Culture: Warga Bergerak Tawarkan Rumah Aman | Narasi Newsroom

III

Indonesia Ranking 2 Negara Asia Pasifik Paling Berbahaya bagi Perempuan

Hasil studi Value Champion, perusahaan riset di Singapura pada 2019 menunjukkan bahwa Indonesia menempati ranking kedua negara yang paling berbahaya bagi perempuan di wilayah Asia Pasifik.

Pakar konsultan gender menilai bahwa ini adalah akibat dari budaya patriarki yang seakan sudah mendarah daging di Indonesia. Terus, mau sampai kapan budaya patriarki dilanggengkan di negeri ini, dan jadi hantu bagi perempuan-perempuannya?

Tonton videonya:

Survei: Indonesia Ranking 2 Negara Asia Pasifik Paling Berbahaya bagi Perempuan | Narasi Newsroom

IV

Indonesia Jadi Pindah Ibu Kota?

Kabarnya pemerintah akan mulai melakukan pemindahan pusat pemerintahan Indonesia dari Jakarta ke Kalimantan Timur secara bertahap mulai 2024 mendatang. Hitungan anggaran untuk agenda itu pastinya juga sangat tidak murah, kira-kira Rp466 triliun, lah, bahkan bisa lebih.

Yang jadi pertanyaan, apakah pembangunan masif yang akan terjadi di Kalimantan ini, akan sepenuhnya berdampak positif bagi masyarakat dan lingkungan? Entahlah~

Tonton videonya:

Pindah Ibu Kota Bisa Berujung Kegagalan. Yuk, Belajar dari Negara Lain | Narasi Newsroom

Pindah Ibu Kota, Ada Duitnya? | Narasi Newsroom

Pembangunan Ibu Kota Baru Menguntungkan Warga? | Narasi Newsroom

V

Polri Dipercaya 80,2% Masyarakat, Kok Bisa?

Akhir-akhir ini, kita banyak mendengar berita tentang kinerja polisi yang bisa dibilang kurang tegas, bahkan sampai muncul #PercumaLaporPolisi yang viral di media sosial.

Tapi, hasil survei Indikator Politik Indonesia justru menunjukkan bahwa tingkat kepercayaan publik terhadap polisi mencapai 80,2% dan diklaim menjadi yang tertinggi sepanjang satu dekade terakhir loh!

Hmm, kalau kamu sendiri gimana, puas enggak sama kinerja Polri?

Tonton videonya:

Kinerjanya Disorot, Kok Bisa Polri Dipercaya Oleh 80,2 Persen* Masyarakat? | Narasi Newsroom

  

Dengar Apa Hari Ini

 Image

Basboi - CHING

Jika kamu merasa hidup ini tidak adil bahkan sering mempertanyakan kenapa orang lain lebih hoki, lebih kaya, lebih beruntung ketimbang diri sendiri, maka kamu harus dengerin lagu ciptaan rapper asal Medan ini.

Ching, lagu rap berdurasi 2 menitan, dengan lirik berbahasa campuran Inggris - Indonesia dan berima teratur khas musik rap ini, luar biasanya dapat mengajak kita berpikir sejenak, untuk bisa lebih bersyukur dengan apa yang kita punya.

Tidak seperti lirik lagu rap yang kebanyakan cukup berat dan sulit dicerna atau dihafalkan, Basboi meracik Ching dengan ringan, untuk menyajikan pesan yang menampar. Pilihan musiknya juga tidak bernuansa glamor dengan Porche dan kalung blink-blink seperti musik rap lain. Ching lebih sederhana namun itu membuatnya unik.

Buat mengawali Senin pagi ini, cekidot dengerin langsung lagunya!

*Intan Puspitasari

DENGAR di sini

Saksikan Juga!

 Image

Salam,

Redaksi Narasi Newsroom

Image

KOMENTAR

SELANJUTNYA

VIDEO POPULER