Buka Mata

News & Politics

Menengok Lapas Cipinang. Kalapas: Demi Tuhan! Ini Tidak Dibuat-dibuat

Video ini adalah penjelasan langsung dari Kepala Lapas Kelas I Cipinang, merespons berita dari Tim Buka Mata Narasi yang sudah tayang sebelumnya dengan judul “Bisnis Haram di Penjara Cipinang”. Kami diundang oleh Kepala Lapas Kelas I Cipinang untuk melihat langsung kondisi di dalam penjara.

Pihak Lapas Cipinang membantah bahwa kejadian tersebut, yakni pesta narkoba dan sel mewah terjadi di wilayahnya. Kami diajak mengunjungi dapur yang menjadi tempat pengolahan makanan seperti disebut dalam berita, kemudian sel di Tipe 3 dan sel di Blok Khusus yang dikenal sebagai sel mewah di Lapas Cipinang.

Selain hal tersebut, kami juga diberi kesempatan untuk melihat Blok MPL (Masa Pengenalan Lingkungan) dan Blok OH Lantai 2 di Tipe 7 yang diduga menjadi tempat pesta narkoba. Di Blok OH Lantai 2, kami dilarang membawa kamera dan hanya diizinkan satu orang masuk tanpa kamera untuk melihat langsung keadaan sel tersebut.

Blok OH yang kami lihat tidak sama seperti yang ada di dalam video.

Pihak Lapas Kelas I Cipinang juga telah mengklarifikasi langsung di laman YouTube dan Instagram termasuk mempublikasi keterangan di situs resmi Kementerian Hukum dan HAM. Dirilis itu, mereka mengakui bahwa video pesta narkoba adalah video lama, sementara mengenai tahanan yang bisa keluar dari dalam penjara (sebagaimana kami telah ralat di berita sebelumnya yakni terjadi di Rutan Kelas I Cipinang dan kami mengakui bahwa ada kekeliruan penyebutan khusus hanya di bagian tersebut) disebut terjadi di UPT lain.

Rilis selengkapnya bisa dibaca di sini:

http://lapascipinang.kemenkumham.go.id/berita-utama/menepis-berita-negatif-yang-beredar-ka-lapas-cipinang-berikan-kontra-narasi-dan-langsung-lakukan-audiensi-dengan-tim-narasi-tv

#Klarifikasi #Penjara #Cipinang #BukaMata #JadiPaham #Narasi

KOMENTAR

SELANJUTNYA

VIDEO POPULER