Narasi Daily

News & Politics

Istana Presiden Ukraina Bantah Zelensky Titip Pesan ke Putin Melalui Jokowi

Zelensky akan menyampaikan langsung pernyataannya melalui pidato terbuka apabila ada yang ingin disampaikan ke Putin.

Sekretaris Pers Kantor Presiden Ukraina Serhii Nikiforov membantah kabar bahwa Presiden Volodymyr Zelensky menitipkan pesan kepada Presiden Rusia Vladimir Putin melalui Presiden Jokowi. Nikirov mengatakan fokus pertemuan Jokowi dengan Zelensky membahas tentang persoalan impor gandum Indonesia ke Ukraina.

"Indonesia adalah salah satu importir gandum terbesar dari Ukraina, dan blokade pelabuhan Ukraina menjadi fokus utama pembicaraan antara presiden [Indonesia dan Ukraina - red.] di Kyiv,"  kata Nikiforov seperti dikutip dari Ukrainska Pravda, (30/6/2022) waktu setempat.

Ukrainska Pravda menulis Rusia memikul tanggung jawab penuh atas gangguan ekspor gandum Ukraina ke Indonesia dan bagian dunia lain. Rusia harus bertanggung jawab atas krisis pangan yang terjadi kecuali pemblokiran pelabuhan Ukraina segera diakhiri.

“Inilah yang dibahas secara detail oleh Volodymyr Zelenskyy dengan Joko Widodo,” ujar Nikiforov.

Nikiforov juga mengatakan jika Presiden Volodymyr Zelenskyy ingin mengatakan sesuatu kepada Presiden Rusia Vladimir Putin, ia akan melakukannya secara terbuka, dalam pidato hariannya.

Presiden Jokowi bertemu Presiden Ukraina Vlodymyr Zelensky, Rabu (29/6/2022). Di hadapan Zelensky Jokowi mengatakan kunjungan ini dilakukan sebagai manifestasi kepedulian Indonesia terhadap situasi di Ukraina.

Jokowi juga mengundang Zelensky hadir di KTT G20 pada November mendatang di Bali. Jokowi juga menegaskan prinsip Indonesia soal penghormatan dan integritas wilayah. Ia lalu menyampaikan pentingnya penyelesaian damai dan menawarkan diri untuk membawa pesan dari Presiden Zelensky kepada Presiden Putin.

Sehari kemudian pada Kamis (30/6/2022) Jokowi bertemu dengan Presiden Putin di Kremlin, Moscow. Di hadapan Putin ia mengatakan pentingnya penyelesaian masalah secara damai dan telah menyampaikan pesan Zelensky.

“Saya telah menyampaikan pesan Presiden Zelenksy untuk Presiden Putin dan saya sampaikan kesiapan saya untuk menjadi jembatan komunikasi antara kedua pemimpin tersebut,” ujar Jokowi.

KOMENTAR

SELANJUTNYA

VIDEO POPULER