MenPan-RB Tjahjo Kumolo Meninggal Dunia, Tinggalkan Kesan Baik dalam Ingatan Wartawan

Tjahjo Kumolo meninggalkan kesan baik di mata para wartawan yang pernah bersinggungan dengannya dalam urusan liputan.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) yang juga politikus senior PDI Perjuangan Tjahjo Kumolo meninggal dunia, Jumat (1/7/2022). Tjahjo menghebuskan nafas terakhir sekitar pukul 11.10 WIB usai menjalani perawatan intensif di RS Abdi Waluyo, Jakarta.

Dua hari sebelum kabar wafat ini datang Ketua Badan Pemenangan Pemilu DPP PDI Perjuangan Bambang Wuryanto mengatakan kondisi kesehatan Tjahjo perlahan sudah mulai membaik. Namun sang menteri masih harus menjalani perawatan di rumah sakit dan beristirahat.

“Pak Tjahjo masih harus istirahat. Jadi belum bisa bekerja,” kata Bambang kepada wartawan di Kompleks Parlemen Senayan, Jumat (1/7/2022).

Karir Politik

Sebelum menapaki karir di dunia politik Tjahjo lebih dulu terjun sebagai aktivis GMNI dan pernah menempati jabatan Ketua Umum KNPI. Dia juga pernah menjadi politikus Golkar di era Orde Baru sebelum akhirnya memutuskan bergabung dengan PDI Perjuangan pada era reformasi.

Sepanjang karir politik di PDI Perjuangan Tjahjo pernah menjabat sebagai Sekretaris Jendral dan Ketua Fraksi PDI Perjuangan. Pria kelahiran 1 Desember 1957 ini juga menjadi salah satu sosok yang acap menemani Megawati dalam pengambilan keputusan-keputusan penting, salah satunya saat Megawati memberikan mandat kepada Jokowi untuk menjadi calon presiden di Pemilihan Presiden 2014.

Setelah Jokowi berhasil memenangi Pilpres 2014 Tjahjo diutus PDI Perjuangan menjadi Menteri Dalam Negeri. Selanjutnya pada pemerintahan Jokowi periode kedua (2019-2024) Tjahjo kembali dipercaya masuk kabinet menempati posisi Menpan RB.

Kesan Wartawan

Di mata para wartawan yang pernah bersinggungan dengannya Tjahjo dikenal sebagai sosok ramah dan rendah hati.

"Pak Tjahjo menteri terbaik di lingkup Polhukam dalam berhubungan dengan wartawan. Terima kasih Pak Tjahjo buat semuanya," tulis Lalu Rahadian jurnalis yang pernah meliput di Kementerian Dalam Negeri.

"Cuma Tjahjo menteri yang baik dan gak neko-neko didoorstop hanya satu wartawan dia mau berhenti dan meladenin pertanyaan," kata Gunawan yang juga pernah meliput di Kementerian Dalam Negeri.

Sekretaris Kemenpan RB Rini Widyantini mengatakan selama Tjahjo sakit, tugas Menpan RB digantikan sementara oleh Menkopolhukam Mahfud MD.

Rencananya, jenazah akan dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Kalibata sore ini.

KOMENTAR

SELANJUTNYA

TERPOPULER