Indosat Ooredoo Hutchison dan Narasi Gelar Festival Film Pendek SOS 2023 di Jember: Edukasi Anti Hate Speech

11 Dec 2023 14:12 WIB

thumbnail-article

Roadshow Festival Film Pendek Save Our Socmed (SOS) 2023 di Jember.

Penulis: Advertorial

Editor: Advertorial

Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat atau IOH), bekerjasama dengan Narasi, menghadirkan Festival Film Pendek Save Our Socmed (SOS) 2023 di Jember, Jawa Timur lewat roadshow di Universitas Jember (UNEJ) dan Universitas Muhammadiyah (UNMUH) Jember, pada tanggal 21 dan 22 November 2023.

Roadshow ini merupakan bagian dari rangkaian program yang dilakukan di empat kota di Indonesia, termasuk Jember.  Festival Film Pendek SOS 2023 bertujuan untuk mengedukasi generasi muda, khususnya mahasiswa, agar mampu berkarya secara positif di media sosial, dengan fokus pada mengurangi hate speech dan provokasi.

Di Universitas Jember, Indosat memutar film pendek pemenang SOS 2022 yang berjudul Bayangan, An Xin (Peace of Mind), dan FOMO sebagai bagian dari sosialisasi mereka. Festival ini tidak hanya berfokus pada kompetisi film pendek, tetapi juga mengadakan talkshow dan sharing session, yang memberikan wawasan tentang produksi film dan konten kreatif. Sineas lokal, Daris Dzulfikar, serta Chief Creative Officer Narasi, Jovial Da Lopez, turut hadir dalam kegiatan di Jember.

Di Universitas Muhammadiyah Jember, Diah Kusuma Dewi, VP-Head of Corporate Social Responsibility Indosat Ooredoo Hutchison, menyampaikan seruan yang serupa. Dia mengajak generasi muda, terutama Gen Z, untuk menggunakan media sosial secara bijak dan positif. 

Diah Kusuma Dewi, VP-Head of SCR Indosat Ooredoo Hutchison, mengajak generasi muda untuk menggunakan media sosial secara bijak dan positif.
Diah Kusuma Dewi, VP-Head of SCR Indosat, mengajak generasi muda untuk menggunakan media sosial secara bijak dan positif. 

Program ini dirancang untuk membangun kesadaran dan mendorong kreativitas yang positif di antara mahasiswa dan masyarakat umum. Diah menyoroti betapa pentingnya mengganti konten negatif dengan konten positif di media sosial. Kampanye anti hate speech bertajuk “Bicara Baik di Digital, Hindari Emosi Tanpa Substansi” diharapkan dapat menginspirasi penggunaan media sosial yang bijak dan positif.

Jovial Da Lopez, yang juga hadir di Universitas Muhammadiyah Jember, menyoroti perlunya konten yang lebih positif di media sosial. Menurutnya, konten media sosial saat ini cenderung negatif, dan perlu ada perubahan agar media sosial menjadi lebih positif. "Sebagai pengguna media sosial, kita harus membawa penawarnya," ujar Jovial, menambahkan bahwa Generasi Z harus membawa konten-konten positif untuk menetralisir konten negatif yang bertebaran.

Creative Concept & CCO Narasi, Jovial da Lopez saat acara diskusi.
CaptionCreative Concept & CCO Narasi, Jovial da Lopez saat acara diskusi.

Festival Film Pendek SOS 2023 di Jember ini merupakan bagian dari upaya Indosat Ooredoo Hutchison dan Narasi untuk mendorong generasi muda agar bijak dalam menggunakan media sosial. 

Festival ini terbagi menjadi dua kategori yang dapat diikuti oleh mahasiswa dan masyarakat umum. Sebagai persyaratan, film harus orisinal, mencerminkan tema anti ujaran kebencian, dan tidak mengandung unsur kekerasan, pornografi, serta SARA. Durasi film berkisar antara 5 hingga 10 menit dan dapat dikumpulkan hingga 7 Januari 2024. 

Pengumuman pemenang dijadwalkan pada bulan Februari 2024. Program Festival Film Pendek SOS ini merupakan bagian dari tanggung jawab sosial (CSR) Indosat di pilar Pendidikan Digital. Melalui kegiatan ini, mahasiswa diberi kesempatan untuk belajar, berkreasi, dan menyampaikan pesan perdamaian, kesetaraan, dan toleransi melalui medium film. Kegiatan ini tidak hanya menjadi ajang kompetisi, tetapi juga forum edukasi dan inspirasi bagi para mahasiswa untuk menggunakan media sosial secara positif dan produktif.

Apa Komentarmu?

Tulis komentar

ARTIKEL TERKAIT

VIDEO TERKAIT

KOMENTAR

Latest Comment

Belum ada komentar

Jadilah yang pertama mengirimkan komentar untuk bertukar gagasan dengan pengguna lainnya

TERPOPULER