10 Cara Menghilangkan Jerawat dengan Bahan Alami, Bisa Pakai Bawang Putih

8 Januari 2023 19:01 WIB

Narasi TV

Ilustrasi kulit berjerawat. Sumber: Freepik.

Penulis: Elok Nuri

Editor: Margareth Ratih. F

Jerawat menjadi masalah yang cukup pelik bagi sebagian orang, terkadang timbulnya jerawat yang membandel sering kali mengganggu dan membuat tidak percaya diri. Tapi tenang, tak perlu khawatir. Kini ada tips cara menghilangkan jerawat dengan mudah.

Selain menggunakan obat-obatan berbahan kimia, kamu juga dapat menghilangkan jerawat secara alami dengan bahan alami. Namun perlu diingat bahwa menghilangkan jerawat secara alami ini hasilnya tidak bisa instan, diperlukan kesabaran dan konsistensi dalam perawatan.

Penyebab Jerawat

  • Faktor keturunan bisa juga menjadi penyebab timbulnya masalah jerawat
  • Hormone androgen berlebih saat menstruasi
  • Sering begadang dan stres
  • Gaya hidup serta pola makan yang tidak sehat
  • Salah menggunakan kosmetik
  • Produksi kelenjar minyak yang berlebih
  • Polusi udara atau udara lembab
  • Kebiasaan merokok

Cara menghilangkan jerawat

Berikut beberapa bahan yang bisa digunakan untuk menghilangkan jerawat secara alami

Lidah buaya 

Lidah buaya merupakan tanaman tropis yang memiliki kandungan polifenol yang dapat membasmi jerawat pada kulit. Tidak hanya itu, lidah buaya memiliki banyak manfaat lain, seperti mengobati lecet, ruam, luka bakar, dan kondisi kulit lainnya. Jadi tidak heran banyak bahan kosmetik yang memanfaatkan lidah buaya sebagai bahan utama dalam pembuatan lotion, krim, salep, dan sabun.

Putih telur 

Putih telur efektif dalam menghilangkan jerawat maupun bekas jerawat karena terdapat kandungan enzim lysozyme. Selain itu kandungan vitamin dan asam amino yang membantu membangun kembali sel-sel kulit.

Bawang putih 

Bawang putih merupakan bahan alami yang bisa digunakan untuk menghilangkan jerawat. Kandungan zat sulfur yang dipercaya dapat menghilangkan jerawat secara cepat. Cara pengaplikasiannya cukup mudah, kamu hanya perlu mengupas satu siung bawang putih lalu gosokkan pada bagian yang berjerawat.

Mentimun 

Kandungan antioksidan tinggi, vitamin, dan asam amino di dalam mentimun membuat mentimun tidak hanya bisa mengatasi masalah jerawat, namun juga mengurangi kemerahan yang diakibatkan oleh jerawat dan memudarkan bekasnya. Caranya, aplikasikan masker mentimun pada wajah selama 15 menit. Kemudian, bilas dengan air bersih.

Air perasan lemon 

Air perasan lemon menjadi salah satu bahan alami yang bisa digunakan untuk mencegah timbulnya jerawat, kandungan asam askorbat tinggi dipercaya dapat menghilangkan jerawat membandel.

Cuka apel 

Cuka apel mengandung antiseptik alami dan memiliki banyak manfaat untuk kesehatan wajah terutama telah terbukti untuk membunuh bakteri Propionibacterium Acnes (P. Acnes) yang merupakan penyebab jerawat. Caranya, kamu hanya tinggal mengoleskan cuka apel pada wajah menggunakan kapas, diamkan selama 15 menit setelahnya bilas dengan air bersih.

Madu 

Bahan alami yang satu ini ternyata memiliki sumber antioksidan yang baik untuk mengurangi jerawat, belum lagi kandungan benzoil peroksida dan retinoid dapat mengurangi peradangan pada jerawat.

Teh hijau

Teh hijau mengandung antioksidan yang sangat tinggi dan juga epigallocatechin-3-gallate (EGCG) yang dapat mengurangi produksi sebum, melawan peradangan, dan menghambat pertumbuhan bakteri P. acnes.

Namun, sejauh ini belum ada penelitian secara pasti yang menjelaskan manfaat dari minum teh hijau ketika timbul jerawat, tetapi menerapkannya langsung ke kulit telah terbukti bisa membantu. Caranya, oleskan teh ke kulit wajah yang berjerawat menggunakan kapas, biarkan sampai ia mengering.

Tea tree oil

Melansir laman Healthline, tea tree oil atau disebut juga minyak pohon ini memiliki manfaat untuk melawan bakteri penyebab jerawat, mengurangi peradangan kulit, bahkan dapat meminimalkan munculnya bekas luka.

Menggunakan Tea tree oil memang tidak bisa bekerja dengan cepat, tetapi dapat secara efektif menghilangkan jerawat setelah tiga bulan penggunaan.

Alpukat 

Kandungan vitamin E pada Alpukat dapat dipercaya untuk mengurangi peradangan pada kulit yang berjerawat, caranya terbilang cukup mudah kamu hanya perlu menghaluskan alpukat, kemudian aplikasikan pada wajah sebagai masker, diamkan beberapa menit kemudian bilas dengan air bersih.

Nah, itulah 10 bahan alami yang bisa digunakan untuk menghilangkan jerawat. Penggunaan bahan alami di atas akan terasa lebih efektif jika dibarengi dengan hidup sehat, tidur cukup dan rutin berolahraga.

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR