10 Daftar Orang Terkaya di Indonesia versi Forbes Terbaru

3 Mar 2023 19:03 WIB

thumbnail-article

Sri Prakash Lohia, salah satu orang terkaya di Indonesia versi Forbes 2022. Sumber: Instagram @forbesindonesia

Penulis: Yohana Nabilla Wuryanto

Editor: Margareth Ratih. F

Baru-baru ini Forbes Real Time Billionaire memperbarui daftar orang terkaya di berbagai negara, termasuk Indonesia. Dilansir dari situs resminya, total aset  konglomerat Indonesia mencapai US$ 180 miliar. Artinya, aset kekayaan tersebut meningkat 11% dari tahun kemarin yang mencapai US$ 162 miliar.

 

Berikut daftar 10 orang terkaya di Indonesia, berdasarkan data dari Forbes Real Time Billionaire pada Jumat (28/10/2022)

  • Robert Budi Hartono

Layaknya tahun lalu, R.Budi Hartono masih menempati urutan pertama dalam daftar orang terkaya di Indonesia dengan total aset sebesar 23,1 miliar dolar AS atau Rp 359,3 triliun.

Sumber kekayaannya disinyalir berasal dari PT. Global Digital Niaga Tbk. Sosoknya juga dikenal sebagai bos Djarum, salah satu pemegang saham terbesar di BCA (Bank Central Asia), dan pemilik merek elektronik Polytron. 

 

  • Michael Bambang Hartono

Kakak dari Budi Hartono tersebut memiliki total kekayaan sebesar 22,2 miliar dolar AS, setara dengan Rp 345,4 triliun. Dengan total kekayaan tersebut, Bambang Hartono mampu menempati urutan kedua dalam daftar orang terkaya. Sama dengan saudaranya, Budi Hartono, kekayaan Bambang Hartono juga berasal dari kepemilikan saham BCA, Djarum, dan Polytron.

 

  • Low Tuck Kwong

Pemilik Bayan Resources yang bergerak di bidang batu bara tersebut memiliki total aset kekayaan sebesar 9,7 miliar dolar AS, atau Rp 150,8 triliun. Menurut data tersebut, kekayaan Tuck Kwong meningkat hampir 5 kali lipat bila dibandingkan dengan tahun 2021, dimana Tuck Kwong memiliki aset sebesar 2,55 miliar dolar AS atau Rp 188, 76 triliun.

 

  • Sri Prakash Lohia 

Memiliki kekayaan sebesar 5,9 miliar dolar AS atau Rp 91,7 triliun, membuat Prakash Lohia  menempati posisi keempat dalam daftar orang terkaya di Indonesia. Kekayaannya tersebut berasal dari Indorama Corporation. 

 

  • Prajogo Pangestu

Di urutan kelima ada Prajogo Pangestu yang memiliki kekayaan mencapai 5,2 miliar dolar AS atau Rp 80,8 triliun. Kekayaan tersebut berasal dari PT. Barito Pacific Tbk (BRPT), sebuah perusahaan yang bergerak di bidang energi dan petrokimia.

 

  • Chairul Tanjung

Di tahun 2022, Chairul Tanjung berhasil menempati urutan keenam sebagai orang terkaya di Indonesia. Bos dari CT Corp ini memiliki kekayaan sebesar 5,2 miliar dolar AS yang setara dengan Rp 80,8 triliun. 

 

  • Djoko Susanto

Di posisi ketujuh ada Djoko  Susanto dengan total kekayaan sebesar 4 miliar dolar AS atau setara dengan 62,2 triliun. Kekayaan tersebut berasal dari Alfamart. Seperti yang diketahui, Djoko Susanto memang pemilik grup Alfamart.

 

  • Wijono dan Hermanto Tanoko

Keduanya diketahui sebagai pemilik dari merek cat terkenal, Avia Avian. Dengan posisinya tersebut, Wijono dan Hermanto Tanoko memiliki aset kekayaan sebesar 3,4 miliar dolar AS atau  setara dengan Rp 52,8 triliun. 

 

  • Theodore Rachmat

Pemilik Triputra Group tersebut memiliki aset kekayaan sebesar 3,2 miliar dolar AS atau setara dengan Rp 49,7 triliun. 

 

  • Sukanto Tanoto

Sukanto Tanoto merupakan pemilik dari grup usaha Royal Golden Eagle International (RGEI). Dengan posisinya tersebut, Ia memiliki aset kekayaan sebesar 2,8 miliar dolar AS  atau setara dengan Rp 43,6 triliun. 

Demikianlah informasi mengenai 10 daftar orang terkaya di Indonesia menurut Forbes. Setiap tahun, majalah Forbes memang diketahui terus memperbarui daftar perusahaan dan orang terkaya di dunia dan berbagai negara.

Apa Komentarmu?

Tulis komentar

ARTIKEL TERKAIT

VIDEO TERKAIT

KOMENTAR

Latest Comment

Belum ada komentar

Jadilah yang pertama mengirimkan komentar untuk bertukar gagasan dengan pengguna lainnya

TERPOPULER