10 Gunung Tertinggi di Indonesia Dengan Sejuta Pesonanya

6 Dec 2022 10:12 WIB

thumbnail-article

Sumber: Antara

Penulis: Elok Nuri

Editor: Margareth Ratih. F

Indonesia tidak hanya kaya akan pesona bawah laut yang memukau. Sederet gunung tertinggi di Indonesia pun memiliki pesona alam luar biasa. Setidaknya ada lebih dari 400 gunung yang terbentang di tanah air.

Dari ratusan gunung di Indonesia itu, ada yang tingginya menjulang hingga 4000-an meter di atas permukaan laut (mdpl). Melansir buku karya Sugeng HR dengan judul The Amazing of Indonesia: 71 Keajaiban Indonesia, dijelaskan bahwasannya dua jalur pegunungan utama, jalur Sirkum Pasifik dan Sirkum Mediterania yang menjadikan Indonesia memiliki gunung tertinggi.

Lantas gunung apa sajakah itu? Apakah salah satu gunungnya ada di kotamu? Biar tidak semakin penasaran, berikut adalah 10 gunung tertinggi di Indonesia.

Gunung Puncak Jaya Wijaya

Gunung dengan ketinggian 4.884 mdpl, dinobatkan sebagai gunung tertinggi di Indonesia, Gunung yang terletak di Provinsi Papua ini juga telah menjadi kawasan Situs Warisan Dunia dari UNESCO sejak tahun 1999.

Gunung yang juga dikenal dengan sebutan Carstensz Pyramid ini memiliki keunikan dan daya tarik sendiri yang tidak dimiliki gunung lainnya di Indonesia, salah satunya adalah keberadaan salju abadi di puncak Jayawijaya.

Nama Carstensz sendiri diambil dari pelaut Belanda, orang pertama yang pertama kali melihat puncak tersebut melalui teropong dalam pelayarannya melintasi pantai selatan Laut Arafura tahun 1623.

Gunung Kerinci

Gunung tertinggi kedua adalah Gunung Kerinci dengan ketinggian 3.805 mdpl dengan puncaknya bernama Puncak Indrapura. Letak Gunung Kerinci berada di dua wilayah yaitu Kabupaten Kerinci, Provinsi Jambi, dan Kabupaten Solok, Provinsi Sumatera Barat.

Gunung Kerinci termasuk dalam Taman Nasional Kerinci Seblat, Kawasan yang dilindungi karena menjadi habitat bagi satwa langka seperti harimau Sumatera dan badak Smatera.

Gunung Rinjani

Gunung Rinjani merupakan gunung api aktif yang terletak di Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat. Dengan ketinggian 3.726 mdpl. Gunung api aktif ini menjadi salah satu gunung favorit bagi para pendaki karena keindahan panorama alamnya.

Gunung ini juga merupakan bagian dari Taman Nasional Gunung Rinjani yang memiliki danau kawah berwarna biru yang menjadi daya tarik wisatawan dengan nama Segara Anak.

Gunung Semeru

Gunung aktif yang terletak di Jawa Timur, tepatnya di dua Kabupaten yakni Malang dan Lumajang. Semeru baru saja mengeluarkan letusannya pada tanggal 4 Desember 2022. Gunung tertinggi di Pulau Jawa ini memiliki ketinggian 3.676 mdpl


Sama halnya seperti Rinjani,
Gunung Semeru  menjadi salah satu gunung tujuan favorit bagi para pendaki. Danau Ranu Kumbolo dan perbukitan yang banyak ditumbuhi bunga Edelweis menjadi salah satu daya tariknya.

Gunung yang masuk dalam kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru ini dikenal dengan puncaknya bernama Mahameru dan memiliki kawah dengan nama Jonggring Saloko.

Gunung Sanggar

Gunung tertinggi kedua di NTB (Nusa Tenggara Barat) ini memang tidak sepopuler gunung tertinggi sebelumny. Namun, pemandangan alam di Gunung Sanggar juga tidak kalah indah. Gunung dengan ketinggian 3.564 mdpl ini terletak di Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat.

Gunung Latimojong

Gunung Latimojong atau dikenal juga dengan sebutan Bulu Rantemario ini merupakan gunung tertinggi di Sulawesi. Dengan ketinggian mencapai 3.478 mdpl,

Gunung ini masuk dalam daftar The 7 Summits of Indonesia. Gunung Latimojong memiliki puncak yang terkenal dengan nama Rante Mario.

Pegunungan Latimojong membentang dari selatan ke utara. Di sebelah barat masuk wilayah Kabupaten Enrekang, sebelah utara masuk Kabupaten Tana Toraja, sebelah selatan Kabupaten Sidenreng Rappang, dan area sebelah timur masuk Kabupaten Luwu hingga pinggir pantai Teluk Bone.

Gunung Slamet

Gunung Slamet merupakan Gunung tertinggi kedua di Pulau Jawa setelah Semeru, dengan mencapai 3.428 mdpl dan juga memiliki kawah yang masih aktif sampai saat ini.

Gunung ini berada di 5 kabupaten, yaitu Kabupaten Banyumas, Kabupaten Purbalingga, Kabupaten Brebes, Kabupaten Tegal dan Kabupaten Pemalang.

Gunung yang dijuluki atapnya Jawa Tengah ini memiliki puncak bernama Puncak Surono. Gunung Slamet masih menjadi gunung yang populer di antara para pendaki meskipun medan yang dilalui cukup berat.

Gunung Sumbing

Gunung tertinggi di Indonesia selanjutnya ada Gunung Sumbing yang terletak di tiga wilayah kabupaten, yaitu Kabupaten Magelang, Kabupaten Temanggung dan Kabupaten Wonosobo. Gunung Sumbing memiliki ketinggian 3.371 mdpl dan menjadi gunung tertinggi kedua di Jawa Tengah setelah Gunung Slamet.

Gunung Raung

Gunung yang terletak di ujung timur pulau jawa ini tepatnya berada di wilayah Besuki, Jawa Timur, yaitu yaitu Banyuwangi, Bondowoso, dan Jember dengan ketinggian mencapai 3.344 mdpl.

Gunung tertinggi keempat di Pulau Jawa ini adalah Puncak Bendera, Puncak 17, Puncak Tusuk Gigi, dan Puncak Sejati. Gunung ini juga memiliki sebutan lain sebagai Gunung Rawon loh.

Gunung Ceremai

Gunung Ceremai ini merupakan Gunung tertinggi di Jawa Barat dengan nama lain Gunung Cereme, memiliki ketinggian 3.078 mdpl. Terletak di dua wilayah kabupaten yaitu Kabupaten Kuningan dan Kabupaten Majalengka.

 

Itulah 10 gunung tertinggi di Indonesia. setiap Gunung memiliki pesona alam masing-masing, Bagi kamu para pendaki, Gunung mana sajakah yang sudah atau hendak kamu daki?

Apa Komentarmu?

Tulis komentar

ARTIKEL TERKAIT

VIDEO TERKAIT

KOMENTAR

Latest Comment

Belum ada komentar

Jadilah yang pertama mengirimkan komentar untuk bertukar gagasan dengan pengguna lainnya

TERPOPULER