10 Program Studi Kuliah Paling Banyak Diminati Tahun 2023

29 Maret 2023 15:03 WIB

Narasi TV

Ilustrasi seseorang yang sedang belajar dengan laptop dan buku catatan. Sumber: Pinterest.

Penulis: Rusti Dian

Editor: Margareth Ratih. F

Seleksi masuk perguruan tinggi sudah dibuka. Tapi tak sedikit di antara para calon mahasiswa yang masih bingung menentukan jurusan kuliah. Berikut akan diulas jurusan-jurusan kuliah yang paling diminati tahun 2023.

Jurusan-jurusan ini diminati karena prospek pekerjaannya yang banyak dicari perusahaan. Tak heran jika banyak calon mahasiswa yang memilih jurusan tersebut.

Dihimpun dari berbagai sumber, berikut jurusan-jurusan kuliah yang paling diminati tahun 2023:

  • Data Sains

Menurut World Economic Forum (WEF), lulusan Data Sains sangat dibutuhkan perusahaan untuk masa mendatang. Profesi ini menempati posisi pertama dalam laporan Prediksi Perkembangan Pasar Tenaga Kerja Tahun 2020-2025 yang dirilis oleh WEF.

Prospek pekerjaan lulusan Data Sains diantaranya menjadi data analyst, data scientist, dan AI specialist.

  • Digital Marketing

Memasuki dunia serba digital membuat lulusan Digital Marketing banyak dicari oleh perusahaan. Lulusan Digital Marketing dianggap dapat membantu perusahaan untuk mengenal target pelanggan secara online, membantu bisnis agar semakin dinamis, dan mempromosikan perusahaan lebih luas lagi.

Selain bekerja di perusahaan, lulusan Digital Marketing juga bisa menjadi social media specialist, content strategist, SEO specialist, UX designer, dan masih banyak lagi.

  • Desain Komunikasi Visual (DKV)

Lulusan Desain Komunikasi Visual juga banyak dicari perusahaan. Pasalnya, Desain Komunikasi Visual mempelajari tentang elemen-elemen visual yang digunakan untuk mengkomunikasikan tentang sesuatu.

Prospek pekerjaan lulusan DKV adalah menjadi art director, visual designer, creative director, web designer, graphic designer, dan animator.

  • Teknik Informatika

Lulusan Teknik Informatika banyak dicari oleh perusahaan. Pasalnya, jurusan ini mempelajari tentang penggunaan teknologi komputer secara optimal untuk mengolah data dengan logika.

Prospek pekerjaan lulusan Teknik Informatika adalah menjadi software and application developer, information security analyst, internet of things specialist, dan masih banyak lagi.

  • Ilmu Komunikasi

Jurusan Ilmu Komunikasi menjadi salah satu jurusan yang banyak dicari oleh perusahaan. Hal tersebut karena Ilmu Komunikasi mempelajari tentang bagaimana menjalin komunikasi dengan orang lain, baik internal maupun eksternal.

Selain itu, Ilmu Komunikasi juga mempelajari bagaimana menyampaikan pesan melalui konten dalam berbagai bentuk seperti tulisan, video, foto, animasi, dan audio.

Prospek pekerjaan lulusan Ilmu Komunikasi di antaranya adalah public relation, jurnalis, advertiser, diplomat, dan lain sebagainya.

  • Ilmu Hukum

Jurusan paling banyak peminat selanjutnya adalah Ilmu Hukum. Jurusan ini mempelajari tentang ketertiban hidup bermasyarakat, hukum pidana internasional, dan pengadilan hak asasi manusia.

Prospek pekerjaan untuk lulusan Ilmu Hukum adalah menjadi pengacara, jaksa, diplomat, jurnalis, dan masih banyak lagi.

  • Psikologi

Psikologi juga memiliki banyak peminat. Jurusan ini mempelajari tentang “manusia” sebagai individu yang memiliki beragam perilaku dan kepribadian.

Lulusan Psikologi banyak dicari perusahaan untuk menilai karyawan. Tak heran jika lulusan Psikologi biasanya menjadi Human Resource Development (HRD).

Selain itu, prospek pekerjaan bagi lulusan Psikologi adalah menjadi psikolog, bimbingan konseling (BK), konsultan, dan lain sebagainya.

  • Akuntansi dan Ekonomi

Jurusan Akuntansi juga memiliki prospek pekerjaan yang cukup baik. Hal ini dikarenakan setiap perusahaan tentu membutuhkan seorang akuntan untuk mendata keuangan perusahaan.

Selain menjadi akuntan perusahaan, lulusan Akuntansi juga bisa menjadi akuntan publik auditor, internal, analis keuangan, manajer perpajakan, dan masih banyak lagi.

  • Kedokteran

Jurusan Kedokteran masih menempati posisi paling banyak diminati setiap pendaftaran mahasiswa baru. Jurusan ini memungkinkan kamu untuk melanjutkan pendidikan spesialisasi atau membuka layanan praktik baik online maupun offline.

  • Bahasa asing

Terakhir ada bahasa asing yang menjadi salah satu jurusan paling banyak dicari perusahaan. Hal ini karena perusahaan pasti menjalin relasi dengan perusahaan lain yang berasal dari luar negeri.

Prospek pekerjaan untuk jurusan bahasa asing adalah menjadi penerjemah, jurnalis, staf diplomatik, dan masih banyak lagi.

Apapun jurusan yang kamu pilih tentu memiliki prospek kerja yang baik selama kamu mengasah potensi dalam diri dengan maksimal.

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR