3 Negara Termiskin di Dunia Beserta Indikator Penilaiannya

26 Desember 2022 14:12 WIB

Narasi TV

Ilustrasi kemiskinan. Sumber: Freepik.

Penulis: Moh. Afaf El Kurniawan

Editor: Margareth Ratih. F

Adanya negara-negara termiskin di dunia bukan tanpa alasan. Semua itu berdasarkan klasifikasi sesuai rata-rata pemilik ekonomi rendah dalam empat tingkat World Bank Ranking System.

Peringkat tersebut tak lepas dari pendapatan nasional bruto atau Gross National Income (GNI) per kapita di masing-masing negara. Dengan kata lain, peringkat tersebut dihitung berdasarkan total pendapatan negara dengan jumlah populasi penduduknya.

Lantas apa saja yang menjadi indikator dari negara miskin? Berikut penjelasan lebih lanjutnya.

Indikator Negara Miskin

Pada dasarnya negara memiliki sumber daya dan kekayaan melimpah. Hal ini tentunya cukup untuk memastikan umat manusia bisa hidup dengan baik dan kebutuhannya tercukupi. Hanya saja dalam realitanya masih ada beberapa negara yang masuk dalam daftar negara termiskin di dunia.

Adapun indikasi yang menjadikan negara-negara tersebut masuk dalam kategori negara termiskin ialah sebagai berikut:

  • PDB atau seringkali disebut GDP (Gross Domestic Product) menjadi salah satu indikator dalam mengukur standar kekayaan negara, dengan cara mengkompensasi antara perbedaan gaya hidup dan tingkat inflasi.
  • Adanya pemerintah yang diktator dan korup.
  • Sejarah kolonialisasi eksploitatif, perang dan kerusuhan antar sosial.
  • Kondisi iklim yang buruk.
  •  Supremasi hukum yang lemah semakin memperburuk keadaan sebuah negara.

3 Negara Termiskin di Dunia

  1. Burundi

Burundi berada dalam urutan pertama dari daftar negara paling miskin di dunia dari pencatatan tahun ini. Negara ini memiliki beragam permasalahan, baik secara internal maupun eksternal. Menurut informasi, konflik etnis Hutu-Tutsi serta perang masih terjadi di Burundi, sehingga menjadikan negara Burundi menduduki peringkat teratas kemiskinan.

Selain itu kelangkaan pangan menjadi fokus utama di negara yang hampir 90 persen penduduk dari 12 juta jiwa bergantung pada sektor pertanian. Akses air bersih, sanitasi, dan listrik masih terbilang rendah, tercatat hanya 5 persen penduduk Burundi yang memiliki listrik. Situasi ini semakin diperparah dengan adanya pandemi Covid-19.

  1. Sudan Selatan

Sudan Selatan secara resmi mendapat kemerdekaan dan menjadi negara baru yang terbentuk pada 9 Juli 2011 silam. Terbentuknya negara Sudan Selatan tak lepas dari perjanjian yang mampu mengakhiri konflik dengan Sudan. Meski resmi menjadi negara baru, tetapi kekerasan masih terjadi di negara tersebut hingga merusak sektor-sektor tertentu.

  1. Somalia

Somalia merupakan negara dengan penduduk sekitar 16 juta jiwa dengan konflik internalnya yang tak kunjung selesai. Kondisi negara semakin diperburuk dengan munculnya masalah lain seperti kekeringan, kekerasan, banjir, minimnya akses ke pelayanan kesehatan, persebaran penyakit yang cepat, serta tingkat pengangguran yang kian tinggi. Pada tahun 2020 pertumbuhan GDP lebih dari 3 persen harus terganggu akibat adanya pandemi, banjir, serangan belalang yang menyebabkan perekonomian Somalia mengalami penurunan sebesar 1,5 persen.

Demikian informasi seputar 3 negara termiskin di dunia dengan beberapa indikator yang menjadi penyebabnya pada tahun 2022.

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR