4 Aplikasi Edit PDF yang Mudah, Cepat, dan Gratis

1 Jan 2023 12:01 WIB

thumbnail-article

Ikon Sejda, salah satu aplikasi untuk mengedit PDF. Sumber: imymac.com.

Penulis: Moh. Afaf El Kurniawan

Editor: Margareth Ratih. F

Aplikas edit PDF yang direkomendasikan dalam artikel ini bisa dijadikan salah satu pilihan bagi seseorang yang ingin melakukan edit PDF.

PDF adalah format dokumen yang juga populer dan penting. Format yang satu ini telah ada sejak tahun 1993 dan diciptakan oleh Adobe Systems untuk keperluan menukar dokumen dalam bentuk digital.

Dokumen dengan format PDF bisa saja dibuat oleh seseorang dengan mudah, baik secara online maupun offline. Hanya saja untuk mengedit sebuah dokumen PDF diperlukan aplikasi tambahan. Dalam artikel ini telah direkomendasikan 4 aplikasi edit PDF yang sering digunakan oleh orang-orang di luar sana.

Rekomendasi Aplikasi Edit PDF

  1.       Sejda

Rekomendasi pertama aplikasi edit PDF adalah Sejda. Aplikasi ini menyediakan layanan edit PDF secara gratis bagi orang-orang. Selain menyediakan fitur edit PDF, aplikasi yang satu ini juga bisa menambahkan bidang formulir ke file PDF. Seseorang bisa menjalankannya di Mac, Web, Windows, dan Linux.

  1.       Xodo

Rekomendasi aplikasi edit PDF kedua adalah Xodo. Aplikasi edit PDF yang gratis ini dapat digunakan pada berbagai perangkat lunak, di antaranya ialah Windows, Android, iOS, dan Web.

Meski aplikasi Xodo tidak menyediakan fitur edit teks dan foto yang ada dalam PDF, Xodo memungkinkan seseorang untuk menambahkan anotasi sesuai kebutuhan yang berfungsi untuk menandai dokumen yang ada.

Aplikasi Xodo sering digunakan untuk mengisi formulir PDF, melakukan pencarian melalui halaman bookmark dan dokumen, menambah gambar, tanda tangan, mencoret teks, dan lain sebagainya.

  1.       CloudConvert

CloudConvert menjadi rekomendasi ketiga. Aplikasi satu ini bukanlah aplikasi untuk mengedit PDF, melainkan untuk mengkonversi file PDF ke dalam bentuk file yang diinginkan. Dengan kata lain seseorang bisa melakukan editing file yang didukung sistem komputer yang dimilikinya.

Aplikasi CloudConvert yang berbasis web ini bisa mengekstrak teks dan gambar, menggantikan font dengan standar kebanyakan komputer, dan mempertahankan format aslinya. CloudConvert bisa dikatakan cukup bagus untuk membuat sebuah dokumen mirip dengan PDF aslinya.

  1.       Foxit

Rekomendasi terakhir aplikasi edit PDF adalah Foxit. Aplikasi yang satu ini bisa digunakan untuk mengedit PDF di berbagai OS, seperti Windows, Mac, Android, dan iOS. Selain itu, Foxit juga bisa diakses dalam versi Web yang membuat seseorang bisa melakukan editing file PDF dengan mudah, baik di laptop, tablet, maupun smartphone.

Demikian 4 rekomendasi aplikasi edit PDF yang bisa dijadikan opsi bagi seseorang yang ingin melakukan editing pada file PDF mereka.

Apa Komentarmu?

Tulis komentar

ARTIKEL TERKAIT

VIDEO TERKAIT

KOMENTAR

Latest Comment

Belum ada komentar

Jadilah yang pertama mengirimkan komentar untuk bertukar gagasan dengan pengguna lainnya

TERPOPULER