4 Pejabat Baru IKN Dilantik, Bambang Sampaikan Tidak Ada Toleransi Terhadap Korupsi

7 September 2023 13:09 WIB

Narasi TV

Empat pejabat Otorita IKN yang baru dilantik pada Senin, 4/9/2023 lalu. Sumber: Tim Komunikasi IKN.

Penulis: Rusti Dian

Editor: Margareth Ratih. F

Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (Otorita IKN) Bambang Susantono melantik empat pejabat baru pimpinan tinggi pratama pada Senin (4/9/2023). Pelantikan ini berlangsung di Gedung Dhanapala Kementerian Keuangan, Jakarta.

Keempat pejabat otorita IKN yang baru saja dilantik tersebut diantaranya:

  • Drs. Firmananur, M.Si sebagai Kepala Biro Sumber Daya Manusia dan Hubungan Masyarakat.
  • Muhsin Palinrungi, S.S., M.A sebagai Direktur Kebudayaan, Pariwisata, dan Ekonomi Kreatif.
  • Tonny Agus Setiono, S.SiT., M.T sebagai Direktur Pengembangan Ekosistem Digital.
  • dr. Silveria Octaviana Bailia, MM sebagai Direktur Sarana Prasarana Sosial.

Selain melantik pejabat pimpinan tinggi pratama, Kepala Otorita IKN juga melantik para pemegang jabatan fungsional. Bertambahnya pejabat di Otorita IKN ini diharapkan dapat memenuhi kelengkapan dan kekuatan organisasi. 

Bambang: zero tolerance terhadap korupsi

Usai melantik pejabat pimpinan tinggi pratama dan jabatan fungsional, Bambang pun menyampaikan sambutannya. Dalam kesempatan tersebut, Bambang memberikan tiga catatan kepada para pejabat baru.

Pertama, sumpah jabatan yang sudah diucapkan dapat dipahami kembali dan dijalankan sebaik mungkin. Kedua, pejabat otorita IKN diharapkan menjalankan tugas dengan menerapkan prinsip good governance.

“Saya zero tolerance terhadap corruption. Saya tidak akan mentolerir sedikitpun,” ujar Bambang saat memberi sambutan pada Senin (4/9/2023).

Bambang juga menjelaskan peringatan dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terkait bentuk korupsi. Bentuk korupsi ini di antaranya bagi-bagi jabatan, kavling, dan proyek. Kepala Otorita IKN ingin agar pemerintahan yang dijalankan transparan dan akuntabel.

Catatan yang ketiga adalah pejabat yang baru saja dilantik diharapkan dapat bergerak cepat dan bersama dalam tim. Mengingat semakin besar organisasi maka semakin besar pula tantangan yang harus dihadapi.

“Pada akhirnya apa yang di-deliver di lapangan yang akan menentukan apa yang kita dapat sumbangkan kepada bangsa dan negara ini,” tutup Bambang.

Selama tahun 2023, Kepala Otorita IKN sudah melantik lebih dari 20 pejabat baru yang akan melengkapi struktur pemerintahan di IKN. Seiring berjalannya waktu, otorita IKN terus berupaya melengkapi kebutuhan organisasi seiring mempersiapkan penyelenggaraan pemerintah daerah khusus.

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR