5 Aplikasi Cari Jodoh Paling Hits yang Bisa Jadi Solusi untuk Para Jomlo

13 Januari 2023 15:01 WIB

Narasi TV

Ilustrasi dua orang tengah menggunakan aplikasi cari jodoh. (Sumber: Freepik)

Penulis: Yohana Nabilla Wuryanto

Editor: Rizal Amril

Aplikasi cari jodoh menjadi salah satu cara untuk mencari pasangan hidup melalui dunia digital.

Apalagi untuk para jomlo, aplikasi cari jodoh bisa jadi alternatif agar terhindar dari pertanyaan tentang pasangan.

Ketika berkumpul dengan keluarga atau teman sejawat, tentu pertanyaan berkaitan pasangan acap kali terdengar, terutama bagi mereka yang memang belum membawa seseorang untuk dikenalkan. 

Pertanyaan tersebut acap kali membuat risih seseorang. Selain karena privasi, mendapatkan pasangan di era ini juga dirasa cukup sulit. 

Berikut ini merupakan lima aplikasi cari jodoh yang bisa kamu gunakan untuk mencari pasangan hidup.

1. Tinder

Aplikasi yang satu ini tentu sudah tidak asing lagi bagi beberapa orang. Terutama bagi mereka yang memang kerap mengunduh aplikasi jodoh atau dating apps

Meski mudah untuk digunakan, sayangnya Tinder memiliki kekurangan dalam hal kolom profil kandidat. Dengan kurangnya kolom profil tersebut, cukup sulit untuk menentukan topik pembicaraan dengan pengguna lain.

Namun, Tinder memiliki kelebihan berupa adanya fitur Trust and Safety. Fitur tersebut mengharuskan pengguna untuk melakukan verifikasi foto, sebagai langkah awal agar mengantisipasi tindakan penipuan melalui aplikasi ini.

2. Bumble

Sedang menjadi topik hangat, Bumble juga menjadi salah satu aplikasi pencari jodoh yang banyak digunakan. 

Cara kerja aplikasi ini juga cukup mudah, seseorang harus mengirimkan pesan kepada orang lain yang berstatus match. Apabila pesan tersebut tidak dibalas dalam waktu 24 jam, maka status match akan hilang, sehingga hubungan tidak jadi terjalin.

Selain digunakan untuk mencari jodoh, Bumble juga menyediakan fitur BFF, yang dapat digunakan untuk mencari teman baru secara daring.

3. Jodoh Kristen

Dikhususkan bagi penganut agama Kristen, aplikasi yang satu ini dapat diunduh melalui Playstore secara gratis. 

Aplikasi yang satu ini menerapkan sistem pencocokan bagi kedua belah yang saling tertarik. Apabila dirasa memang cocok, maka kedua belah pihak tersebut dapat saling melanjutkan komunikasi dan tatap muka.

4. OkCupid

Bagi sebagian orang, aplikasi yang satu ini memang masih terdengar asing. Namun, usut punya usut, ternyata OkCupid dimiliki oleh perusahaan yang sama dengan Tinder. 

Berbeda dengan Tinder yang memiliki keterbatasan dalam kolom profil, pengguna OkCupid dapat menulis tentang diri sendiri lebih panjang dan lebih detail. Sehingga pembicaraan yang ada akan semakin panjang dan asik.

5. Happn

Aplikasi terakhir adalah Happn. Dalam aplikasi ini, seseorang dapat menemukan atau bertemu dengan pengguna yang berada di area yang sama. Aplikasi ini akan menampilkan pengguna yang datang dari area atau berada di sekitar lokasi pengguna lainnya.

Selain itu, Happn juga menyediakan fitur penyamaran, di mana pengguna dapat menyamarkan foto profil yang dipakai agar tidak disalahgunakan oleh orang lain, terutama bagi mereka yang bukan match-nya.

Itulah lima rekomendasi aplikasi pencari jodoh secara online yang bisa kamu coba untuk mencari tambatan hati. 

Saat mencoba untuk menggunakan aplikasi pencari jodoh, pastikan tetap berhati-hati. Apabila diajak untuk bertemu secara langsung, pastikan tempat yang disepakati berada di keramaian dan bawa teman atau orang lain untuk menemanimu. 

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR