5 Cara Pemecahan Masalah yang Efektif dan Cepat

1 Jan 2023 11:01 WIB

thumbnail-article

Ilustrasi pemecahan masalah dengan analogi puzzle. Sumber: Freepik.

Penulis: Moh. Afaf El Kurniawan

Editor: Margareth Ratih. F

Pemecahan masalah terkadang menjadi kendala yang amat besar bagi seseorang yang sedang dirundung masalah dalam kehidupan sehari-hari. Banyak orang yang mencari informasi seputar bagaimana cara agar bisa memecahkan masalah yang sedang terjadi dalam dunia kerja.

Dalam artikel ini akan dijelaskan secara terperinci tentang pemecahan masalah yang mungkin nantinya bisa membantu seseorang keluar dari permasalahan yang sedang dialami. Setidaknya ada 5 cara pemecahan masalah yang harus diketahui oleh orang-orang. Namun, sebelum mengetahui langkah-langkah tersebut, ada baiknya memahami dulu terkait apa itu pemecahan masalah.

Apa Itu Pemecahan Masalah?

Skill atau keterampilan dalam pemecahan masalah tentunya dapat membantu seseorang dalam menyelesaikan berbagai persoalan kehidupan yang ia alami.

Problem-solving menjadi salah satu keterampilan yang banyak dicari oleh sebuah perusahaan, mengingat tidak menutup kemungkinan karyawan yang memiliki keterampilan tersebut cenderung dapat diandalkan.

Dalam proses pemecahan masalah membutuhkan seseorang yang mampu dalam mengidentifikasi sebuah isu yang ada secara cepat serta memberikan solusi yang tepat. Pemecahan masalah juga menjadi bagian dari soft-skill yang dimiliki oleh seseorang

Cara pemecahan masalah yang efektif

Setidaknya terdapat 5 cara pemecahan masalah yang cepat dan efektif. Kelima langkah ini tentunya akan membantu permasalahan yang ada bisa segera diatasi.

  1.       Identifikasi masalah

Tahap pertama yang harus dilakukan seseorang untuk memecahkan masalah yang ada ialah dengan cara melakukan identifikasi masalah.

Dalam tahap ini, seseorang dituntut untuk melihat sebuah masalah dari bermacam perspektif dan jangan terburu-buru untuk mengambil sebuah keputusan. Karena hal itu nantinya akan membuat seseorang kehilangan kesempatan untuk mengetahui masalah yang sebenarnya.

  1.       Analisis masalah

Melakukan analisis masalah bisa menjadi langkah selanjutnya untuk pemecahan masalah yang ada. Dengan itu, seseorang harus mengumpulkan dan mengevaluasi problem yang sedang terjadi. Berikut langkah-langkah untuk menganalisis masalah:

  • Kumpulkan data.
  • Analisis data.
  • Temukan faktanya.
  • Analisis faktor yang memicu terjadinya sebuah masalah.

 

  1.       Brainstorming berbagai macam solusi

Brainstorming tentunya menjadi langkah selanjutnya untuk menemukan solusi yang memungkinkan. Hanya saja untuk melakukannya seseorang membutuhkan tim untuk bekerja sama agar bisa lebih efektif lagi. Berikut ini merupakan beberapa hal yang harus seseorang lakukan untuk menerapkan langkah ini:

  • Pemikiran kreatif
  • Prediksi
  • Buatlah kemungkinan-kemungkinan
  • Rancang proyek
  • Rencanakan proyek
  1.       Mengambil keputusan dengan solusi yang tepat

Tahapan selanjutnya adalah mengambil keputusan dengan solusi yang tepat. Hanya saja dalam mengambil keputusan harus mempertimbangkan potensi risiko, sumber daya yang dibutuhkan, serta kemungkinan adanya hambatan saat mengimplementasikannya.

  1.       Mengambil tindakan

Segeralah mengambil tindakan jika 4 langkah di atas telah dilalui dengan bermacam keputusan dan pertimbangan yang ada. Termasuk tindakan yang akan diambil jika solusi yang telah diimplementasikan tidak berjalan sesuai dengan rencana. Selain itu seseorang harus memiliki timeline saat mengeksekusi dan lakukanlah evaluasi untuk mengetahui apakah solusi yang ada efektif dalam memecahkan masalah.

Demikian penjelasan mengenai cara pemecahan masalah yang dapat seseorang pelajari dan terapkan pada saat mengalami permasalahan di dunia kerja.

Apa Komentarmu?

Tulis komentar

ARTIKEL TERKAIT

VIDEO TERKAIT

KOMENTAR

Latest Comment

Belum ada komentar

Jadilah yang pertama mengirimkan komentar untuk bertukar gagasan dengan pengguna lainnya

TERPOPULER