6 Rekomendasi Oleh-oleh Khas Jogja Bisa Bikin Ketagihan

29 Dec 2022 10:12 WIB

thumbnail-article

Jalan Malioboro, kawasan wisata di Jogja yang banyak menjual oleh-oleh khas. Sumber: Antara.

Penulis: Moh. Afaf El Kurniawan

Editor: Margareth Ratih. F

Oleh-oleh khas Jogja selalu menjadi topik khusus yang selalu dibahas oleh para wisatawan, baik dari dalam negeri atau mancanegara. Selain terkenal sebagai kota Pelajar, Yogyakarta juga menjadi tempat dengan destinasi wisata yang patut dikunjungi. Pasalnya, terdapat banyak destinasi wisata yang bisa menjadi tempat berlibur.

Hanya saja tak cukup rasanya jika ke Jogja tanpa membawa buah tangan saat hendak meninggalkan kota ini. Para wisatawan dianjurkan untuk membawa oleh-oleh khas Jogja sebagai bukti bahwa baru saja datang dari kota Gudeg.

Berikut 6 rekomendasi oleh-oleh khas Jogja yang bisa dijadikan pertimbangan bagi para wisatawan yang sedang atau akan berkunjung ke Yogyakarta:

  1.       Bakpia

Bakpia menjadi rekomendasi oleh-oleh khas Jogja yang wajib dipertimbangkan oleh para wisatawan. Kue satu ini telah ada sejak 1948 dan kini sudah terkenal dan melegenda. Ada banyak toko oleh-oleh yang menjual bakpia aneka varian. 

  1.       Gudeg Kaleng

Beberapa tahun terakhir para penjual gudeg di Jogja melakukan sebuah inovasi, salah satunya menjual gudeg dalam bentuk kaleng. Para wisatawan bisa memilih gudeg kaleng sebagai santapan yang bisa dimakan di kampung halamannya.

  1.       Bakpia Kukus

Terdapat varian bakpia yang beredar di Yogyakarta dan bakpia kukus menjadi rekomendasi oleh-oleh khas Jogja yang bisa dipertimbangkan oleh para wisatawan, apabila kurang begitu suka tekstur bakpia pada umumnya yang renyah. 

  1.       Yangko

Yangko menjadi rekomendasi keempat untuk dijadikan oleh-oleh. Kue yang satu ini memiliki tekstur dan rasa seperti mochi. Yangko bisa menjadi pilihan yang tepat jika seseorang menyukai kudapan yang kenyal dan manis.

  1.       Geplak

Makanan khas Bantul ini terbuat dari parutan kelapa serta gula dan berbentuk bulan dengan memiliki varian warna. Geplak menjadi rekomendasi kelima oleh-oleh khas Jogja bagi para wisatawan.

  1.       Wedang Uwuh

Minuman rempah khas Jogja yang satu menjadi rekomendasi keenam yang bisa dipertimbangkan bagi para wisatawan. Wedang Uwuh diracik dari campuran rempah seperti jahe, kayu secang, cengkih, dan kapulaga.

 

Demikian 6 rekomendasi oleh-oleh khas Jogja yang bisa dijadikan referensi bagi para wisatawan yang akan atau sedang berkunjung ke Yogyakarta.

Apa Komentarmu?

Tulis komentar

ARTIKEL TERKAIT

VIDEO TERKAIT

KOMENTAR

Latest Comment

Belum ada komentar

Jadilah yang pertama mengirimkan komentar untuk bertukar gagasan dengan pengguna lainnya

TERPOPULER