Tanggal 9 Juni Memperingati Hari Apa Saja? Cek Penjelasannya di Bawah Ini!

9 Jun 2023 13:06 WIB

thumbnail-article

Ilustrasi penanggalan kalender. Sumber: Pexel.

Penulis: Rusti Dian

Editor: Margareth Ratih. F

Tanggal 9 Juni 2023 jatuh di hari Jumat. Di tanggal ini, ada beberapa peristiwa penting, mulai dari peristiwa sejarah hingga keagamaan. Kira-kira tanggal 9 Juni memperingati hari apa saja? Simak penjelasannya berikut ini.

  • Hari Bhatara Sri

Hari Bhatara Sri adalah salah satu perayaan setiap enam bulan sekali bagi umat Hindu, khususnya bagi yang berada di Bali. Peringatan hari raya tersebut berdasarkan wuku Merakih yang bertemu dengan Saptawara Sukra (hari Jumat) dan Pancawara Umanis.

Selama perayaan Bhatara Sri ini, umat Hindu akan berkumpul dan berdoa di titik sumber pangan seperti sawah atau lumbung padi. Bhatara Sri sendiri adalah dewi kemakmuran yang diyakini oleh umat Hindu sebagai dewi pemurah dan pemberi rezeki.

Larangan yang harus dilakukan umat Hindu selama peringatan Hari Bhatara Sri ini di antaranya adalah tidak boleh menyadap tirta, mengasah taji, tombak, membuat bendungan, membajak, bercocok tanam, membuat terowongan, serta melakukan upacara pawiwahan.

Sebaliknya, umat Hindu diperbolehkan untuk menangkap ikan dan membuat peralatan penangkap ikan.

  • Hari Donal Bebek

Siapa yang tidak tahu Donal Bebek? Salah satu tokoh kartun yang penuh keceriaan dan berkesan bagi anak-anak. Tanggal 9 Juni diperingati sebagai Hari Donal Bebek karena di tanggal yang sama pada tahun 1934, kartun Donal Bebek pertama kali dimunculkan oleh Walt Disney.

Hari Donal Bebek (Donal Duck) diperingati karena memiliki pengaruh yang besar dalam dunia hiburan, khususnya anak-anak. Dalam setiap petualangannya, Donal Bebek sering mengajarkan nilai-nilai penting kehidupan seperti kejujuran, persahabatan, dan semangat pantang menyerah.

Meskipun sudah 89 tahun berlalu, namun Donal Bebek tetap berkesan bagi masyarakat. Karakter Donal Bebek juga sudah menjadi bagian dari sejarah kartun dan menjadi ikon terbesar di industri kartun.

  • Hari Arsip Internasional

Tanggal 9 Juni juga dirayakan sebagai Hari Arsip Internasional. Perayaan hari tersebut pertama kali ditetapkan Council on Archives (ICA) pada tahun 2007. Hari Arsip Internasional diperingati dengan tujuan untuk menumbuhkan kesadaran akan pentingnya pengarsipan.

Meski kegiatan untuk memperingati Hari Arsip Internasional sudah ada sejak tahun 2018, namun Hari Arsip Internasional belum pernah diperingati secara khusus di Indonesia.

  • Hari La Rioja di Spanyol

Hari La Rioja adalah peringatan ulang tahun komunitas otonom Undang-Undang La Rioja yang disetujui pada tahun 1982.

La Rioja adalah salah satu wilayah di Spanyol yang terkenal dengan anggur merah memukau. Wilayah ini juga menawarkan lebih dari 500 kilang anggur. Kini, La Rioja memutuskan untuk memisahkan diri dari Provinsi Lagrono dan menjadi provinsi sendiri pada tahun 1833.

Selama peringatan Hari La Rioja, ada berbagai acara yang diselenggarakan. Acara tersebut meliputi pameran karya seniman lokal, konser musik tradisional dan modern, acara olahraga, serta memasak dan menikmatinya dengan anggur khas La Rioja.

Apa Komentarmu?

Tulis komentar

ARTIKEL TERKAIT

VIDEO TERKAIT

KOMENTAR

Latest Comment

Belum ada komentar

Jadilah yang pertama mengirimkan komentar untuk bertukar gagasan dengan pengguna lainnya

TERPOPULER