5 Agensi K-Pop Terbesar di Korea Selatan dan Artis yang Dinaunginya

15 Agustus 2023 14:08 WIB

Narasi TV

Video klip "Dynamite" yang dibawakan BTS, boy group naungan HYBE Entertainment. HYBE merupakan salah satu agensi K-POP terbesar di Korea Selatan. (Sumber: YouTube/HYBE LABELS)

Penulis: Nuha Khairunnisa

Editor: Rizal Amril

K-pop saat ini telah menjadi fenomena global, terutama setelah popularitasnya meningkat secara signifikan di negara-negara Barat.  

Salah satu faktor yang membuat K-Pop sukses mendunia adalah genre lagu yang mudah diterima oleh selera pasar, tetapi tetap memiliki keunikan dan ciri khasnya tersendiri dengan ritme-ritme yang menarik hati. 

Kemasyhuran para idola K-Pop tidak dapat dilepaskan dari peran agensi yang mengatur seluruh kegiatan artis. 

Agensi K-Pop bertanggung jawab mulai dari melatih, menyusun jadwal, memilihkan lagu, mengelola keuangan artis, hingga melakukan promosi.

Dari sekian banyak agensi K-Pop yang ada di Korea Selatan, beberapa di antaranya punya nama besar dengan sederet artis populer yang berada di bawah naungannya. 

Selain terkenal karena melambungkan nama-nama beken, sejumlah agensi K-Pop ini juga punya kapitalisasi pasar yang sangat besar yang nilainya mencapai miliaran dolar Amerika Serikat. 

Mengutip laman Seoul Space, berikut ini 5 agensi K-Pop terbesar yang ada di Korea Selatan.

1. Hybe Corporation

Hybe Corporation bisa dibilang merupakan agensi terbesar di Korea Selatan saat ini. Agensi ini didirikan oleh Bang Shi Hyuk pada tahun 2005.

Nama Hybe melejit usai mengorbitkan BTS, grup K-Pop yang meraih sukses besar tak hanya di Korea Selatan, melainkan juga di dunia internasional.  

Sampai saat ini, BTS diperkirakan menyumbang lebih dari 6 miliar dolar AS terhadap ekonomi negara Korea Selatan. 

Grup K-Pop yang berada di bawah asuhan Hybe selain BTS antara lain TXT, SEVENTEEN, LE SSERAFIM, dan New Jeans. 

2. SM Entertainment

Nama agensi SM Entertainment tentunya sudah sangat akrab di telinga K-Popers. Agensi ini didirikan oleh Lee Soo Man pada 1989. 

SM Entertainment dulunya merupakan agensi terbesar di Korea Selatan yang berhasil mengorbitkan ikon-ikon di industri K-Pop seperti Super Junior, Girls Generation, BoA, dan Kangta. 

Meski posisinya sebagai agensi terbesar kini telah tergeser, SM tetap menjadi pemain penting dalam industri K-Pop. 

Sejumlah grup K-Pop yang berada di bawah naungan SM Entertainment antara lain EXO, Red Velvet, NCT, aespa, dan boy group terbaru yang akan debut pada September, RIIZE.

3. JYP Entertainment

Agensi K-Pop terbesar selanjutnya adalah JYP Entertainment. Perusahaan ini didirikan pada 1997 oleh J.Y. Park yang dulunya juga merupakan seorang idol K-Pop. 

JYP terkenal karena berhasil melejitkan banyak legenda K-Pop seperti Wonder Girls, Rain, dan Miss A.

JYP Entertainment saat ini mengelola beberapa artis, solois, hingga aktor. Grup K-Pop yang saat ini masih aktif dan berada di bawah naungan JYP antara lain TWICE, Stray Kids, ITZY, dan NMIXX. 

4. YG Entertainment

Sama seperti SM, YG Entertainment merupakan pemain lama di industri K-Pop. Perusahaan ini didirikan oleh kakak beradik Yang Hyun Suk dan Yang Min Suk pada 1996. 

Artis-artis yang diorbitkan YG cenderung memiliki karakter hip-hop seperti yang dapat dijumpai pada BIG BANG, 2NE1, dan solois PSY. 

Saat ini, BLACKPINK menjadi grup terbesar yang berada di bawah asuhan YG Entertainment. Sementara itu, idol lain yang merupakan bagian dari YG antara lain iKON, TREASURE, dan Winner.

5. Cube Entertainment

Agensi K-Pop terakhir yang masuk ke daftar 5 besar yaitu Cube Entertainment. Cube didirikan pada 2006 oleh Hong Seung Sung atau Somin Hong yang sebelumnya merupakan presiden JYP Entertainment. 

Tidak seperti agensi kebanyakan, artis yang berada di bawah naungan Cube Entertainment memproduksi sendiri karya-karya mereka mulai dari konsep hingga lagu yang dibawakan. 

Cube saat ini memanajeri grup BTOB, (G)I-DLE, Pentagon, dan Lightsum.

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR