Akal Bulus Tiga Polisi Medan Rampok Motor Warga: Pura-Pura Membeli Tapi Ujungnya Tuding Korban Jual Barang Curian

10 Oktober 2022 01:25

Narasi TV

Ilustrasi - Kantor Polisi. (ANTARA FOTO/Anis Efizudin)

Penulis: Akbar Wijaya

Editor: Frendy

Kelakuan tiga anggota Samapta Polrestabes Medan, yakni AGG, FBS, dan HKP sungguh bikin malu insititusi Polri. Alih-alih bersikap presisi, melayani dan mengayomi serta melindungi masyarakat, ketiganya malah kompak merampok sepeda motor milik warga.

Para pelaku menyasar calon korban yang hendak menjual sepeda motor melalui media sosial. Modus mereka adalah berpura-pura menjadi calon pembeli.

Setelah berhasil mengajukan temu janji dengan calon korban, para pelaku menuding sepeda motor yang dijual korban adalah hasil curian.

Benny Sembiring (36 tahun), warga Jalan Gatot Subroto Medan, adalah salah satu korban tiga pelaku ini. Kamis, 6 Oktober 2022, Benny yang ingin menjual sepeda motor memasang iklan di laman Facebook.

Iklan Benny ini disambar pelaku, yang langsung meminta bertukar kontak dan mengajak bertemu langsung. 

"Saya menjual sepeda motor di Facebook, lalu kami chat di whatsapp (WA) untuk ketemu di Kampung Lalang. Terus, mereka (pelaku) awalnya datang berdua," ujar Benny dikutip Antara.

Benny berangkat ke lokasi pertemuan bersama istri dan anaknya. Setibanya di lokasi, dua orang pelaku berpura-pura mengecek kondisi kendaraan yang akan dijual Benny.

Tak selang berapa lama, datang satu mobil menghampiri mereka.

Seseorang yang mengaku anggota polisi keluar dari mobil, dan langsung menuding-nuding Benny sedang menjual motor bodong. Si polisi itu lalu berusaha merampas sepeda motor Benny dengan dalih untuk diperiksa di kantor kepolisian.

"Ketika turun, pria yang mengaku polisi itu mengancam akan membawa sepeda motor tersebut ke kantor polisi dengan alasan barang ini (sepeda motor) bermasalah," ucapnya.

Tapi Benny bergeming. Ia merasa berhak mempertahankan sepeda motornya lantaran bukti surat kepemilikan lengkap. Cekcok antara Benny dan tiga pelaku pun tak terelakan. 

Istri dan anak Benny ikut berusaha menghalangi niat jahat pelaku. 

Namun, usaha mereka malah membuahkan luka karena berusaha menghentikan laju mobil pelaku yang ingin melarikan diri.

Kepala Bidang Humas Kepolisian Daerah Sumatera Utara, Komisaris Besar Polisi Hadi Wahyudi, mengatakan pihaknya telah memberikan tindakan tegas dan memproses para pelaku.

"Ketiga polisi itu telah ditangkap dan ditahan dalam tempat (sel) khusus, kemudian ditangani Propam untuk penanganan etikanya, serta untuk tindak pidananya ditangani Satuan Reskrim Polrestabes Medan," kata Hadi dikutip Antara, Ahad (10/10/2022).

Hadi menyebutkan ketiga oknum polisi itu ditangkap atas laporan Uliarti br Tarigan (31), warga Dusun Durin Jangak, Kecamatan Pancurbatu, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara.

"Terhadap ketiga polisi itu sudah diberikan tindakan tegas sesuai dengan perbuatannya. Polrestabes Medan tidak menoleransi setiap anggota yang melakukan tindak kejahatan. Satreskrim Polrestabes Medan masih mengejar seorang pelaku lainnya yang masih buron," kata Hadi.

ARTIKEL TERKAIT

TEKS

Eks Kapolres Bandara Soetta Dipecat Tidak Hormat: Ajukan Banding Meski Terbukti Makan Duit Sitaan Kasus Narkoba

VIDEO TERKAIT

01:29

Enggak Hanya Sambo, Sejumlah Polisi Ini Terjerat Kasus Etik. Apa Saja Kasusnya?

NARASI ACADEMY

Content Production
Bikin Video Estetik Tanpa Modal Untuk Investasimu

Sumber penghasilan dari seorang content creator cukup menjanjikan lho, asal kamu harus konsisten untuk menciptakan konten kreatif yang berkualitas. Yuk investasi untuk jadi content creator profesional tanpa modal! Pelajari proses produksi konten secara menyeluruh, memberikan mood hingga menciptakan konten video agar terlihat lebih estetik.

Kelas Online
Content Production
Jadi Content Creator Nggak Pakai Repot

Belakangan ini, content creator menjadi salah satu profesi yang mengasyikan dan menjanjikan! Tapi, kamu harus punya mental yang kuat, memahami esensi, dan bersikap visioner dalam membuat konten. Pada kelas kali ini, Narasi Academy akan akan membantumu agar memiliki kemampuan tersebut, dengan dibimbing oleh narasumber profesional!

Kelas Online
Journalism
Cara Asyik Belajar Jurnalistik

Aksesibilitas informasi membuat semua orang berlomba-lomba menjadi seorang Jurnalis instan! Tapi, gimana ya caranya biar tetap kredibel, bertanggung jawab dan cekatan? Pelajari ilmu jurnalistik dengan cara yang asyik langsung dari pakarnya dengan mempelajari proses pembuatan berita mulai dari wawancara, pengolahan data hingga penyiaran!

Kelas Online
Journalism
Jurnalisme Investigasi Ala Narasi: Sajikan Fakta & Data

Saatnya ambil peran dengan menjadi pelopor berita investigatif dengan menyajikan informasi yang kredibel, informatif dan mendalam! Pelajari treatment khusus dalam mengemas serta melakukan kurasi berita dengan menyajikan fakta serta data dengan metode storytelling. Daftarkan dirimu di kelas “Jurnalisme Investigasi Ala Narasi: Sajikan Fakta & Data”.

Kelas Online
Content Production
Rahasia Storytelling Keren, Bikin Konten Makin Beken

Kamu adalah calon content creator professional! Kunci utamanya adalah, menyajikan cerita yang kuat dan mampu membangun emosi dengan audience. Karena itu, kamu harus belajar mengenai storytelling & copywriting untuk mengembangkan ide kreatif! Jangan lewatkan kesempatannya, segera daftarkan dirimu di kelas Narasi Academy kali ini.

Kelas Online
Journalism
KILAT (Kelas Intensif Ilmu Data & Jurnalistik)

Kamu bisa jadi inovator dalam menyebarkan berita yang berkualitas dan kredibel! Caranya dengan menjadi citizen journalism. Setelah mengetahui dasar-dasar ilmu jurnalistik, sekarang kamu mampu mengemas & memproduksi sebuah berita. Pentingnya penyampaian informasi serta mencari point of view yang tepat juga kamu pelajari di kelas kali ini.

Kelas Online

TERPOPULER

KOMENTAR

Belum ada komentar

Jadilah yang pertama mengirimkan komentar untuk bertukar gagasan dengan pengguna lainnya