Alasan Anies Bangga dengan Penampilan Muhaimin Saat Debat

22 Jan 2024 17:01 WIB

thumbnail-article

Tiga pasangan calon (paslon) presiden dan wakil presiden peserta Pilpres 2024 tiba di Balai Sidang JCC Senayan, Jakarta, Minggu malam, untuk mengikuti Debat Keempat Cawapres Pemilu 2024 yang diselenggarakan Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI. ANTARA FOTO//M Risyal Hidayat/tom/pri.

Penulis: Jay Akbar

Editor: Akbar Wijaya

Calon presiden (capres) nomor urut satu Anies R. Baswedan memuji penampilan Muhaimin Iskandar sepanjang debat calon wakil presiden (cawapres) di JCC Senayan, Minggu (21/1/2024).

Menurut Anies penampilan Muhaimin membanggakan karena berbicara tentang kebijakan bukan sekedar definisi dan menghormati lawan bicara.

"Ada tiga kata atas apa yang dikerjakan Gus Muhaimin malam ini satu bangga dua bangga tiga bangga tiga Saya bangga," ujar Anies Baswedan.

Dia melanjutkan, "Kenapa? karena Gus Muhaimin menjaga Marwah debat menjadi forum untuk bicara polcy bukan definisi. Menjaga forum ini sebagai forum menunjukkan bagaimana kepemimpinan yang ditawarkan kepemimpinannya level kebijakan bukan level yang teknis yang sama sekali jauh dari tingkat kepemimpinan nasional."

Anies juga menyoroti bagaimana Muhaimin menunjukkan sikap yang menghormati dan menghargai lawan bicara, bahkan di tengah debat.

"Yang kedua menunjukkan sikap yang menghormati lawan bicara menghargai dan tidak sedikit merendahkan orang yang sedang menjadi lawan debat karena seperti dikatakan tadi lawan debat adalah teman berpikir dan Gus Imin menunjukkan kepada kita sikap yang terhormat dan itu semua didasari apa semua mulai dari etik semuai etika kalau etik itu dihormati ditinggikan maka perilaku akan mencerminkan itu."

Anies Baswedan juga menekankan bahwa apa yang terjadi dalam debat tersebut bukan hanya penting bagi peserta saja, tapi juga bagi seluruh rakyat Indonesia sebagai contoh perilaku yang terhormat.

"Dan tadi kita menyaksikan, saya rasa seluruh rakyat Indonesia malam hari ini bisa menyaksikan bukan hanya gagasannya tapi etika dalam forumnya ditunjukkan Kenapa karena ini level nasional yang nantinya akan menjadi contoh bagi seluruh anak bangsa di dalam berperilaku keseharian," katanya.

Akhirnya, Anies menyatakan kebanggaannya terhadap apa yang disampaikan Muhaimin dan yakin bahwa rakyat Indonesia melihat ini sebagai contoh dialog yang terhormat.

"Saya bangga atas apa yang tadi disampaikan oleh Gus Muhaimin dan saya yakin rakyat Indonesia pun melihat ini sebagai contoh bagaimana berdialog secara terhormat," tutup Anies.

 

Apa Komentarmu?

Tulis komentar

ARTIKEL TERKAIT

VIDEO TERKAIT

KOMENTAR

Latest Comment

Belum ada komentar

Jadilah yang pertama mengirimkan komentar untuk bertukar gagasan dengan pengguna lainnya

TERPOPULER