Anak di Bawah 18 Tahun Hanya Boleh Scroll TikTok Satu Jam dalam Sehari

7 Mar 2023 12:03 WIB

thumbnail-article

Anak-anak yang menggunakan gadget. Sumber: Freepik.

Penulis: Rusti Dian

Editor: Margareth Ratih. F

TikTok mengeluarkan aturan baru bagi penggunanya yang berusia di bawah 18 tahun. Mereka hanya bisa menggunakan TikTok selama satu jam setiap harinya. Hal ini bertujuan untuk mendorong remaja agar dapat mengatur screen time (pemakaian gawai) dengan bijak.

Jika pengguna berusia di bawah 18 tahun ini sudah menggunakan TikTok selama 60 menit, mereka harus memasukkan passcode untuk dapat mengakses TikTok kembali. Nantinya, mereka akan menerima notifikasi yang berisi rekapitulasi screen time setiap minggunya.

Selain itu, orang tua juga bisa ikut mengontrol akun anak dengan menambahkan password. Dengan begitu orang tua bisa mengubah screen time akun anak. Hal ini juga bisa dilakukan oleh pengasuh dengan menggunakan fitur Family Pairing.

TikTok juga mengatur kebijakan terkait notifikasi akun. Anak berusia di bawah 15 tahun tidak akan mendapat notifikasi lewat dari pukul 9 malam, sedangkan anak usia 16-17 tahun tidak akan mendapat notifikasi lewat dari pukul 10 malam.

TikTok berharap fitur ini secara tidak langsung mengingatkan penggunanya untuk berhenti mengakses TikTok dan segera beristirahat.

Kebijakan bagi pengguna 18+

Bagi pengguna yang berusia di atas 18 tahun, mereka akan diberi opsi untuk mengaktifkan pembatasan satu jam atau tidak. Pengguna bisa menonaktifkan atau mengganti batas waktu sesuai keinginan mereka.

Apabila pengguna menonaktifkan batasan tersebut, mereka akan mendapat imbauan dari TikTok untuk mengendalikan screen time. Imbauan ini berlaku bagi mereka yang sudah mengakses TikTok lebih dari 100 menit.

Pengguna bisa mengatur screen time di bagian “Settings and Privacy”. Sejauh ini, TikTok hanya memberi opsi batas waktu penggunaannya dengan durasi 40 menit, 60 menit, 90 menit, dan 120 menit dalam sehari. Selanjutnya, pengguna bisa memasukkan password jika ingin tetap scrolling TikTok.

Pentingnya membatasi screen time

Screen time adalah waktu yang dihabiskan untuk melihat perangkat elektronik disertai layar. Screen time berlebihan dianggap mampu menimbulkan efek negatif, terutama pada kesehatan.

Berikut manfaat yang bisa kamu dapatkan jika mengaktifkan fitur screen time dengan baik:

  • Memiliki waktu untuk bersosialisasi, terutama dengan keluarga atau kolega yang jauh
  • Meningkatkan critical thinking (pemikiran kritis) dengan membaca artikel atau sumber-sumber lain di internet
  • Mengembangkan diri dengan mencoba hal positif yang beredar di internet

Walaupun demikian, screen time tidak terlalu berpengaruh bagi orang dewasa. Menurut Yalda T. Uhls, asisten profesor psikologi di UCLA, orang dewasa justru lebih mementingkan tidur nyenyak, makan dengan baik, bersosialisasi, dan menjalani aktivitas pekerjaan dengan baik.

Apa Komentarmu?

Tulis komentar

ARTIKEL TERKAIT

VIDEO TERKAIT

KOMENTAR

Latest Comment

Belum ada komentar

Jadilah yang pertama mengirimkan komentar untuk bertukar gagasan dengan pengguna lainnya

TERPOPULER