Anies: Gagasan Perubahan adalah Proses Mengembalikan Kepercayaan Publik

19 Oktober 2023 15:10 WIB

Narasi TV

Bakal pasangan calon presiden dan wakil presiden Anies Baswedan (kanan) dan Muhaimin Iskandar (kiri) menyerahkan syarat pencalonan menjadi presiden dan wakil presiden kepada Ketua KPU Hasyim Asy'ari, di Kantor KPU, Jakarta, Kamis (19/10/2023). Sumber: Antara.

Penulis: Nuha Khairunnisa

Editor: Margareth Ratih. F

Pasangan Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar alias Cak Imin resmi mendaftar ke KPU sebagai bakal calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) dalam pemilihan presiden (Pilpres) 2024, Kamis (19/10/2023). 

Usai mendaftar, Anies membeberkan visi dan misi yang akan diusungnya bersama Cak Imin di Pilpres 2024, yang disebutnya sebagai gagasan perubahan. 

“Kami membawa gagasan perubahan, perubahan untuk dirasakan keluarga-keluarga di Indonesia,” ujar Anies di Kantor KPU RI, Jakarta, seperti dilansir dari Antara

Anies ingin supaya harga kebutuhan pokok dapat terjangkau dan kehidupan para buruh seperti peternak, petani, dan pelayan turut sejahtera. 

Dirinya juga menginginkan adanya kesetaraan kesempatan dalam segala bidang demi mencapai taraf kehidupan yang lebih baik.

“Kami ingin adanya kesetaraan kesempatan, kesempatan untuk bekerja, kesempatan untuk mendapatkan masa depan yang lebih baik melalui pendidikan, dan kesempatan perlindungan kesehatan yang lebih baik,” katanya. 

Melalui konsep kesetaraan dan keadilan, Anies berharap gagasan perubahan yang diusung koalisinya itu bisa dinikmati oleh semua lapisan masyarakat, terutama rakyat kecil. 

Mengembalikan kepercayaan publik

Menurut Anies, perubahan adalah hal yang penting dalam rangka mengembalikan kepercayaan publik kepada proses politik dan pemimpinnya. 

Hal itu disampaikan Anies saat memberikan pidato di Tower NasDem, Jakarta, Kamis (19/10/2023). 

“Ketika kata-kata sering dipertanyakan, bangsa ini dalam situasi terombang ambing, perubahan yang dikirimkan dari ruangan ini adalah perubahan tentang kepercayaan,” ucap Anies dalam pidatonya. 

“Mengembalikan kepercayaan publik pada proses politik, mengembalikan kepercayaan publik pada para pemimpin-pemimpinnya,” sambungnya. 

Perubahan ini diakui Anies bukan merupakan pekerjaan yang mudah. Banyak tantangan yang dihadapi oleh Koalisi Perubahan sejak dirinya dideklarasikan oleh Partai NasDem sebagai bacapres pada 3 Oktober 2023. 

Namun, Anies menegaskan Koalisi Perubahan yang terdiri dari Partai NasDem, PKB, dan PKS solid untuk menghadapi Pilpres 2024. 

“Kami solid dan kokoh bergerak untuk kemenangan,” tegas Anies.

Anies juga mengajak masyarakat untuk tidak ragu dengan perjuangan yang dimulai dari perubahan. 

“Kami kembalikan kewarasan dalam bernegara dan kita luruskan etika bernegara dalam berdemokrasi,” pungkasnya.

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR