Apa itu Bullish dan Bearish? Kupas Tuntas Yuk!

21 Dec 2022 02:12 WIB

thumbnail-article

Logo Bullish and Bearish. Sumber: vecteezy.com.

Penulis: Khairul Ilham

Editor: Margareth Ratih. F

Saat kamu memasuki dunia pasar modal, maka kamu akan mendengar kata bullish dan bearish. Apa sih kata kata itu? Yuk kita kupas tuntas.

Apa itu Bullish?

Bullish berasal dari kata bull yang berarti banteng. Maka tidak heran pasti akan ada logo banteng di setiap bursa efek negara mana pun. Bullish dilambangkan dengan banteng. Beberapa sumber mengatakan kenapa banteng karena binatang menanduk ke atas, yang melambangkan adanya kenaikan sesuatu hal.

Bullish adalah salah satu kondisi di mana pasar saham sedang mengalami sebuah tren kenaikan atau dalam arti lain menguat. Kenaikan pasar saham ini bisa dipengaruhi oleh kondisi ekonomi di suatu negara yang sedang mengalami pertumbuhan ekonomi. Jika sektor usaha dan bisnis berkembang maka tingkat pendapatan perkapita akan naik.

Pertumbuhan dari laba juga pasti akan naik. Bull market adalah pasar yang sedang naik daun. Hal itu ditandai dengan kondisi ekonomi yang menguntungkan. Pasar modal akan dipengaruhi oleh sikap investor. Istilah ini juga bisa menunjukkan bagaimana perasaan investor tentang kondisi ekonomi berikutnya.

Bull market ditandai dengan adanya kenaikan harga yang terus berkelanjutan. Dalam kasus ini pasar ekuitas, atau bull market mengalami kenaikan harga saham perusahaan. Hal itu berarti investor memiliki keyakinan bahwa tren naik akan berkelanjutan dalam jangka panjang. Skenario ini, biasanya dipengaruhi oleh kondisi negara yang kuat dan tingkat pekerjaan tinggi.

Apa itu bearish?

Bearish adalah suatu kondisi di mana pasar saham sedang mengalami tren turun atau dalam kata lain melemah. Penurunan pasar saham ini dipengaruhi oleh pertumbuhan ekonomi yang melambat bahkan bisa turun dari tahun sebelumnya yang ada. Tingkat pengangguran bertambah, defisit neraca perdagangan, laba perusahaan yang tumbuh negatif dan faktor yang lainnya.

Kenapa bisa diberi nama bearish karena beruang mencakar kebawah sehingga akan representatif dengan kondisi perkelahian hewan. Jika banteng menang maka pasar akan ke atas. Jika beruang yang menang maka pasar akan turun.

Yang pasti istilah dan lambang ini sudah menjadi kata kunci penting dalam pasar saham dan pasar lain seperti pasar komoditas dan uang.

Demikian adalah penjelasan dari bearish dan bullish. Semoga dapat membantu kamu yang hendak memasuki pasar modal yang sedang trend. 

Apa Komentarmu?

Tulis komentar

ARTIKEL TERKAIT

VIDEO TERKAIT

KOMENTAR

Latest Comment

Belum ada komentar

Jadilah yang pertama mengirimkan komentar untuk bertukar gagasan dengan pengguna lainnya

TERPOPULER