Apa itu Kerja Remote? Arti, Jenis, dan Manfaatnya

11 Dec 2022 20:12 WIB

thumbnail-article

Kerja remote. Sumber: Pexels.

Penulis: Khairul Ilham

Editor: Margareth Ratih. F

Seiring dengan berkembangnya dunia kerja, banyak perusahaan yang mulai menerapkan sistem kerja remote atau remote working bagi karyawannya. Mengutip dari Business 2 Community, selama lima tahun ini jumlah orang yang bekerja secara remote telah tumbuh hingga 44%.

Tidak bisa dipungkiri bahwa tren bekerja remote menjadi salah satu pilihan bagi beberapa perusahaan dan akan terus berkembang dari waktu ke waktu. Lantas apa remote working itu? Apa saja jenis pekerjaannya? Apa saja manfaatnya bagi kita? Dalam artikel ini akan diulas secara mendalam.

Arti Kerja Remote

Menurut Skill Crush kerja remote adalah pekerjaan yang dapat diselesaikan tanpa pergi ke kantor. Dalam arti lain kamu dapat bekerja di rumah, café atau tempat-tempat lainnya. Metode yang seperti ini dinilai memberikan kenyamanan bagi karyawan.

Menurut Flex Jobs dalam sebuah survei yang dilakukan dengan Mental Health America, menemukan bahwa orang dengan pilihan kerja secara remote atau fleksibel, melaporkan kondisi kesehatan mental yang lebih baik. Hal itu berarti produktivitas dari karyawan berada dalam kondisi yang baik sehingga mampu menyelesaikan pekerjaannya dengan maksimal. Dalam praktiknya biasanya yang menerapkan sistem kerja remote akan memanfaatkan koneksi internet untuk saling berkoordinasi.

 

 Apa saja pekerjaan yang bisa dilakukan secara remote?

Dari penjelasan di atas kita dapat tahu pekerjaan remote adalah pekerjaan yang bisa dilakukan di mana saja. Berikut contoh-contohnya:

  1.     Content writer

Profesi yang satu ini dapat dikerjakan secara remote. Biasanya seorang content writer bertugas menulis, mengedit, dan mengirim dokumen. Jadi pekerjaan yang satu ini tanpa harus  bertatap muka dengan rekan pun bisa selesai. Kamu bisa memilih menjadi seorang content writer yang hanya terpaku dengan satu perusahaan saja atau bisa menjadi seorang freelancer yang bisa bekerja sama dengan berbagai perusahaan.

  1.     Sales

Pekerjaan yang satu ini tidak perlu masuk kantor untuk bekerja. Pasalnya seorang sales biasanya bekerja secara fleksibel. Ada yang mencoba berjualan di mall, supermarket, atau tempat-tempat umum lainnya. Beberapa perusahaan tidak mempermasalahkan sales yang tidak bekerja di kantor, asalkan target terpenuhi.

  1.     Programmer

Kamu punya keahlian dalam bidang komputer, kamu bisa menjadi programmer sebagai karier yang akan kamu pilih. Sama seperti content writer, kamu bisa bekerja di mana saja. Nah, karena pekerjaan berkaitan erat dengan komputer, maka programmer dapat bekerja secara remote.

  1.     Data entry

Data entry pada dasarnya bertugas untuk memasukkan data yang diperoleh dari berbagai sumber dalam sistem komputer perusahaan. Meski begitu pekerjaan ini bisa dikerjakan secara remote.

  1.     Graphic designer

Kabar baik bagi kamu yang suka dengan desain. Pasalnya pekerjaan yang berkaitan dengan seni ini bisa dikerjakan secara remote. Baik itu kamu menjadi freelancer atau bekerja full time dalam sebuah perusahaan, seorang graphic designer bisa bekerja darimana saja. Salah satu kunci kesuksesan dari seorang graphic designer adalah mempunyai portfolio yang baik dan menyebarkannya ke berbagai platform.

  1.     Customer service

Pelayanan pelanggan menjadi salah satu kunci perusahaan untuk mengembangkan bisnis. Biasanya perusahaan yang membutuhkan posisi seperti customer service untuk melakukan tugasnya. Pekerjaan yang satu ini bisa dikerjakan secara remote karena yang penting terhubung dengan koneksi internet dan telepon, maka bisa dilakukan di rumah.

Jika kamu tertarik dengan pekerjaan ini maka kamu harus memiliki skill komunikasi yang tinggi serta bakat dalam bidang pemasaran.

Manfaat kerja remote

Manfaat pertama yang bisa kamu dapatkan ketika bekerja secara remote adalah work-life balance yang sangat baik. Kamu bisa melakukan pekerjaan tersebut dari rumah saja sehingga kamu bisa sambil melakukan pekerjaan rumah, bahkan melakukan hobimu.

Tak hanya itu, pekerjaan yang satu ini juga dapat membuat orang dapat menghemat uang. Sebab tidak perlu ongkos untuk pergi ke kantor setiap harinya.

Demikian adalah artikel tentang pekerjaan remote mulai dari arti hingga manfaat yang ada. Semoga membantu!

Apa Komentarmu?

Tulis komentar

ARTIKEL TERKAIT

VIDEO TERKAIT

KOMENTAR

Latest Comment

Belum ada komentar

Jadilah yang pertama mengirimkan komentar untuk bertukar gagasan dengan pengguna lainnya

TERPOPULER