Apa Itu Marinated Makeup? Tren Kecantikan Terbaru Bikin Riasan Terlihat Flawless

15 Mei 2024 14:05 WIB

Narasi TV

Ilustrasi pengaplikasian make up. Sumber: Freepik.

Penulis: Nuha Khairunnisa

Editor: Margareth Ratih. F

Pegiat kecantikan seolah tak pernah kehabisan ide untuk menciptakan tren-tren terbaru. Belakangan ini, salah satu tren yang tengah naik daun di media sosial adalah teknik makeup yang disebut “marinated makeup”. 

Dalam dunia memasak, marinated atau marinasi adalah teknik yang biasa dilakukan untuk membuat bumbu lebih meresap ke bahan makanan, misalnya daging. Dengan demikian, hasil akhir masakan akan lebih kaya rasa dan lezat saat disantap. 

Mirip dengan konsep marinasi pada masakan, marinated makeup menggunakan prinsip yang sama untuk membuat riasan lebih ‘meresap’ pada wajah. 

Dikutip dari The Beau Life, melakukan marinasi pada makeup bertujuan untuk mencapai tampilan riasan yang lebih ‘hidup’ dan tidak terlihat seperti polesan. 

Untuk mendapatkan tampilan yang marinated, makeup harus dibiarkan selama beberapa jam. Hal ini dimaksudkan agar minyak alami wajah keluar dan sedikit melelehkan makeup, sehingga makeup menjadi lebih menyatu dengan kulit. 

Hasil marinated makeup pada wajah akan membuat riasan terlihat lebih alami. Minyak atau sebum yang keluar juga akan memberikan kesan kilau natural pada wajah sehingga kulit terlihat lebih mulus dan glowy. 

Cara marinated makeup

Terdapat dua cara untuk mencapai tampilan marinated makeup. Cara pertama adalah dengan mengaplikasikan makeup ringan seperti biasa, kemudian tunggu selama satu atau dua jam sebelum untuk melakukan proses ‘marinasi’ sebelum makeup siap dibawa pergi ke luar. 

Beberapa pegiat makeup di TikTok menyebut proses ‘marinasi’ pada makeup akan lebih maksimal saat ditinggal tidur siang selama beberapa saat. 

Jika menginginkan tampilan makeup yang lebih high coverage, kamu bisa mengaplikasikan concealer dalam jumlah banyak di area yang ingin disamarkan. 

Namun, jangan langsung meratakan concealer. Tunggu sekitar lima hingga sepuluh menit agar concealer menghangat akibat suhu tubuh. Dengan demikian, concealer akan lebih mudah rata dan tidak menimbulkan creasing

Setelah didiamkan selama beberapa menit, ratakan concealer menggunakan jari. Teknik ini cocok digunakan untuk menutupi jerawat atau kemerahan pada wajah. 

Gimana, kamu tertarik buat mencoba tren marinated makeup?

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR