Apa Itu Titik Nol IKN yang Ada di Penajam Paser?

13 Jun 2024 18:06 WIB

thumbnail-article

Pekerja menyelesaikan pekerjaan persiapan jelang seremoni ritual Kendi Nusantara di titik nol Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kecamatan Sepaku, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Minggu (13/3/2022).(Sumber: ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A)

Penulis: Elok Nuri

Editor: Rizal Amril

Titik nol IKN (Ibu Kota Nusantara) menjadi populer seiring pembangunan pemindahan ibu kota baru dari Jakarta ke Kalimantan, lantas apa itu titik nol IKN?

Titik nol IKN merupakan salah satu landmark yang dibangun di kompleks ibu kota baru yang terletak di Kecamatan Samboja dan Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.  

Tempat ini berada di kawasan Hutan Tanaman Industri (HTI) yang saat ini masih menjadi hak kelola PT ITCI Hutani Manunggal (IHM).

Apa itu titik nol IKN

Titik nol IKN ini merujuk pada titik koordinat geografis yang akan dijadikan sebagai pusat ibu kota negara Indonesia yang baru.

Mengutip situs resmi Kantor Imigrasi Kelas I TPI Balikpapan, titik nol IKN Nusantara bukan menjadi lokasi membangun Istana Negara Garuda. Melainkan jadi referensi lokasi pembangunan.

Merujuk unggahan Instagram Kementerian PUPR pada 23 Februari 2022 lalu, titik nol IKN Nusantara akan menjadi koordinat referensi lokasi pembangunan kompleks Istana Negara, infrastruktur IKN, kantor-kantor pemerintahan, dan tahapan pembangunan selanjutnya.

Sebelumnya, di kawasan titik nol IKN ini, Presiden Joko Widodo telah acara simbolis menyatukan tanah dan air dari 34 Provinsi di Seluruh Indonesia ke dalam sebuah wadah bejana berwarna emas, Bejana Nusantara.

Dalam proses pembangunan ibu kota baru, titik nol menjadi salah satu destinasi wisata bagi masyarakat Kalimantan Timur.

Berdasarkan data Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), letak geografis IKN ada di 117°0' BT dan 0°38' LS di bagian utara, 117°11' BT dan 1°15' LS di bagian selatan, 116°31' BT dan 0°59' LS di bagian barat, dan 117°18' BT dan 1°6' LS di bagian timur.

Wilayah IKN ini meliputi wilayah daratan sekitar 256.142 ha dan wilayah perairan laut kurang lebih 68.189 ha. 

Sementarab dari Kawasan dartaan ada seluas 56.180 ha dan kawasan pengembangan IKN seluas 199.962 ha.

Apa Komentarmu?

Tulis komentar

ARTIKEL TERKAIT

VIDEO TERKAIT

KOMENTAR

Latest Comment

Belum ada komentar

Jadilah yang pertama mengirimkan komentar untuk bertukar gagasan dengan pengguna lainnya

TERPOPULER