Apa Saja Yang Bisa Dilakukan Selama Cuti Ayah? Cek Jawabannya di Sini

21 Maret 2024 15:03 WIB

Narasi TV

Ilustrasi seorang ayah yang sedang mengasih bayinya yang baru lahir. Sumber: Freepik.

Penulis: Rusti Dian

Editor: Margareth Ratih. F

Cuti ayah kini sedang dibahas lebih lanjut oleh pemerintah. Cuti ini diberikan kepada aparatur sipil negara (ASN) untuk mendampingi istrinya pasca melahirkan atau keguguran. Lantas, apa saja yang bisa dilakukan selama cuti ayah?

Perlu diketahui, hak cuti ayah adalah cuti yang diberikan pada pegawai pria untuk mendampingi istri melahirkan dan setelahnya. Selama ini, cuti melahirkan hanya diberikan kepada pegawai perempuan saja.

Saat ini, cuti ayah masuk dalam Rancangan Peraturan Pemerintah (RPP) Manajemen Aparatur Sipil Negara (ASN) sebagai aturan pelaksana UU Nomor 20 Tahun 2023 tentang ASN. Cuti ayah juga masuk dalam Rancangan Undang-Undang Kesejahteraan Ibu dan Anak (RUU KIA).

Cuti ayah bukanlah sesuatu yang baru, meski di Indonesia baru ada beberapa perusahaan saja yang menerapkannya. Tak heran jika masih ada pihak yang belum familiar dengan cuti tersebut. Padahal, cuti ayah sangat penting untuk kesejahteraan ibu dan anak.

Pentingnya cuti ayah

Stereotip gender yang masih melekat di masyarakat Indonesia menjadikan cuti ayah tak dianggap penting. Sebab, mengurus bayi masih identik dengan peran perempuan. Bahkan tak sedikit yang menganggap mengurus bayi adalah kodrat perempuan. Padahal, kodrat perempuan yaitu menstruasi, melahirkan, dan menyusui.

Budaya patriarki menempatkan perempuan sebagai orang yang berperan mengurus rumah tangga dan keluarga. Sementara laki-laki harus mencari nafkah. Stereotip ini membuat tugas merawat bayi dilimpahkan sepenuhnya kepada perempuan.

Dalam film Baby Blues (2021) memperlihatkan bagaimana orang di sekitar memandang rendah laki-laki yang mengambil cuti ayah. Ia dianggap lemah, kurang komitmen kerja, takut istri, dan lain sebagainya.

Anggapan tersebut bisa berdampak pada kariernya. Mulai dari potongan gaji, turun jabatan, atau malah dipecat. Ketakutan inilah yang membuat laki-laki memutuskan untuk tetap bekerja agar bisa memenuhi kebutuhan ekonomi, meski harus mengesampingkan pendampingan terhadap istri dan bayinya.

Yang bisa dilakukan selama cuti ayah

Dari penjelasan di atas, apa saja yang bisa dilakukan selama cuti ayah? Dosen dan YouTuber Ardianto Satriawan membagikan pandangannya soal cuti ayah di akun X. Berikut hal-hal yang bisa dilakukan selama cuti ayah:

Baca Selengkapnya

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR