10 Rekomendasi Aplikasi Mind Mapping untuk Memudahkan Penyusunan Ide

29 Jun 2023 14:06 WIB

thumbnail-article

Ilustrasi aplikasi mind mapping. Sumber: ayoa.com.

Penulis: Rusti Dian

Editor: Margareth Ratih. F

Aplikasi mind mapping sangat membantu bagi kamu yang sering mempelajari sesuatu dengan menggunakan metode mind mapping. Metode ini dilakukan dengan memetakan pikiran menggunakan diagram untuk menampilkan informasi secara visual.

Metode mind mapping lebih mengutamakan penggunaan gambar, garis, dan link untuk membuat keterkaitan antar konsep kunci. Hal ini akan membuatmu lebih mudah mempelajari sesuatu dan brainstorming ide.

Jika dahulu membuat mind mapping dengan menggunakan kertas dan pena, kini perkembangan teknologi menawarkan pembuatan mind mapping dengan aplikasi. Dengan begitu, membuat mind mapping akan lebih cepat dan praktis.

Aplikasi mind mapping

Berikut ini rekomendasi aplikasi mind mapping yang bisa kamu unduh di HP maupun laptop/PC:

  • Ayoa

Aplikasi ini diciptakan oleh Chris Griffiths, seorang pakar mind mapping dunia. Beberapa fitur pembuatan ide cepat dengan format, font, dan warna menarik menjadi kelebihan dari aplikasi ini. Kamu cukup menuliskan ide dari awal hingga akhir dalam Ayoa dalam membuat mind mapping-nya.

  • XMind

Aplikasi XMind dibuat untuk memudahkanmu menulis ide dan mengasah kreativitas. Kamu dapat memanfaatkan Fishbone hingga Organizational Chart untuk membuat chart dalam mind mapping. Inilah yang membuat XMind berbeda dengan aplikasi mind mapping lain.

  • SimpleMind

Kelebihan aplikasi ini adalah kemudahan dalam menulis ide dan desain yang menarik. Adanya fitur penambahan gambar, video, dan voice note juga membuat aplikasi ini berbeda dengan aplikasi mind mapping yang lain. SimpleMind dapat diunduh melalui Google PlayStore.

  • Coggle

Coggle adalah aplikasi mind mapping dengan menggunakan diagram alir. Dengan begitu, kamu bisa membuat catatan ide sembari berdiskusi dengan orang lain secara real time. Tampilannya yang simple juga membuat aplikasi ini banyak digunakan, termasuk oleh pengguna pemula.

  • ClickUp

Aplikasi ClickUp memungkinkan untuk menggambar hubungan antar proyek atau tugas staf secara jelas. Oleh karena itu, ClickUp sangat cocok digunakan di perusahaan.

  • Stormboard

Stormboard adalah aplikasi mind mapping dengan sticky notes yang memudahkan proses penyusunan mind map. Adanya mode “rapid fire” juga memudahkan kamu yang ingin mengunggah ide baru dalam mind map yang sudah dibuat. Bahkan kamu juga bisa merekam komentar, membuat tugas, dan menambah suara dari ide.

  • Bubbl.us

Aplikasi ini dapat tergolong mudah, terutama bagi pemula. Fitur atau tools tidak terlalu kompleks sehingga kamu tidak merasa kesulitan. Diagram yang disajikan oleh Bubbl.us dapat langsung digunakan dan dibagikan ke rekan kerja atau anggota tim.

  • MindManager

Di aplikasi MindManager, kamu bisa menambahkan notes, link, dan file di setiap bagan mind map. Dengan begitu, rekan kerjamu dapat lebih paham tentang konteks yang disampaikan. Bahkan, MindManager juga bisa membantu tim agar dapat mengatur prioritas yang harus dikerjakan dari mind map.

  • MindMeister

Aplikasi MindMeister memungkinkan pengguna untuk dapat menambahkan anggota tim dalam Mindmeister. Mereka dapat ikut andil dalam memberikan ide dan komentar di sana.

  • SmartDraw

SmartDraw menawarkan 5.000 template mind map yang siap digunakan sehingga kamu tidak perlu merasa bingung menggunakannya. Selain itu, ada 35.000 simbol dan ikon yang bisa kamu tambahkan dalam mind map-mu.

Itu tadi 10 rekomendasi aplikasi mind mapping yang dapat digunakan secara gratis maupun berbayar. Selamat mencoba dan semoga membantu!

Apa Komentarmu?

Tulis komentar

ARTIKEL TERKAIT

VIDEO TERKAIT

KOMENTAR

Latest Comment

Belum ada komentar

Jadilah yang pertama mengirimkan komentar untuk bertukar gagasan dengan pengguna lainnya

TERPOPULER