5 Aplikasi Perekam Suara Gratis untuk Ponsel, Dijamin Hasilkan Audio Jernih

8 Juni 2023 13:06 WIB

Narasi TV

Dolby On, salah satu aplikasi perekam suara. Sumber: dolby.com.

Penulis: Nuha Khairunnisa

Editor: Margareth Ratih. F

Era digital seperti sekarang ini melahirkan banyak kreator konten di berbagai platform media sosial. Banyak orang membuat konten sebagai hobi, dan tak sedikit pula yang menjadikannya sebagai profesi. 

Saat ini, konten audio-visual menjadi format konten yang paling banyak digandrungi, terutama konten berjenis video pendek. 

Demi menghasilkan konten video terbaik, diperlukan tidak hanya kamera bermutu tinggi, melainkan juga perekam suara yang mumpuni. 

Untuk mendapatkan kualitas suara yang jernih, kreator konten akan membutuhkan perangkat perekaman berkualitas seperti yang bisa dijumpai di studio rekaman. 

Namun, bagaimana jika kreator tidak bisa mendapatkan akses ke studio rekaman, entah karena keterbatasan biaya atau penuhnya jadwal studio?

Sebenarnya, Anda bisa memanfaatkan aplikasi perekam suara bawaan ponsel untuk keperluan konten. Namun, audio yang dihasilkan biasanya kurang maksimal dan banyak gangguan (noise).

Nah, saat ini telah banyak aplikasi perekam audio yang bisa diunduh ponsel, yang tentunya bisa memenuhi kebutuhan para kreator konten. 

Aplikasi apa saja itu? Simak daftarnya di bawah ini.

  • Dolby On

Anda tentu sudah tidak asing dengan kualitas suara Dolby yang mengesankan, bukan? Melalui aplikasi Dolby On, Anda bisa merekam suara yang jernih dan menerapkan banyak efek canggih seperti fade-in & fade-out, de-noiser, dan de-essing

Aplikasi Dolby On dapat Anda unduh melalui Google Play Store maupun App Store. 

  • ASR Voice Recording

Aplikasi perekam suara selanjutnya yang bisa Anda pertimbangkan adalah ASR Voice Recording. Dengan aplikasi ini, Anda bisa merekam suara dalam berbagai format mulai dari mp3, wav, hingga FLAC. 

Selain itu, Anda juga bisa menghubungkan aplikasi ini dengan penyimpanan awan (cloud storage) seperti Dropbox atau Google Drive. 

Anda dapat mengunduh aplikasi ASR Voice Recording melalui Google Play Store maupun App Store. 

  • Voice Recorder Pro

Aplikasi perekam suara lainnya yang bisa dicoba adalah Voice Recorder Pro. aplikasi ini memiliki tampilan antarmuka yang sederhana sehingga mudah digunakan oleh siapa saja. 

Voice Recorder Pro memiliki beberapa fitur menarik seperti koneksi ke penyimpanan awan, skipping silence track, sampai gain yang bisa mengatur sensitivitas mikrofon. 

Meski demikian, aplikasi ini hanya tersedia gratis jika Anda menggunakan Google Play Pass.

  • Smart Recorder

Aplikasi perekam suara Smart Recorder bisa dibilang cukup bersaing dengan Voice Recorder Pro. Fitur yang dimiliki aplikasi ini pun hampir sama dengan Voice Recorder Pro.

Dengan fitur yang sudah cukup canggih, Smart Recorder Pro masih sering mendapatkan pembaruan dari pengembangnya.

Aplikasi Smart Recorder bisa Anda unduh di Google Play Store.

  • BandLab

Terakhir, Anda bisa mencoba merekam suara menggunakan aplikasi BandLab. BandLab sebenarnya merupakan aplikasi pembuat musik, tetapi Anda juga bisa menggunakannya untuk merekam suara. 

BandLab menawarkan 12 channel mixer track yang bisa digunakan untuk membuat komposisi suara. 

Jika ingin menggunakan BandLab untuk keperluan perekaman suara, Anda cukup menggunakan satu track saja dengan menambahkan efek-efek yang diinginkan. 

Itu tadi aplikasi perekam suara di ponsel yang bisa dimanfaatkan oleh para kreator konten untuk membuat konten audio-visual yang ciamik. Gimana, tertarik mencobanya?

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR