Profil Asep Saepudin Jahar, Rektor Baru UIN Syarif Hidayatullah

4 Maret 2023 10:03 WIB

Narasi TV

Asep Saepudin Jahar bersalaman dengan Menteri Agama Yaqut Cholil di hari pengangkatannya sebagai Rektor UIN Syarif Hidayatullah yang baru. Sumber: graduate.uinjkt.ac.id.

Penulis: Moh. Afaf El Kurniawan

Editor: Margareth Ratih. F

Asep Saepudin Jahar ditunjuk oleh Yaqut Cholil Qoumas selaku Menteri Agama (Menag) untuk menjadi Rektor UIN Syarif Hidayatullah Jakarta periode 2023-2027 menggantikan Amany Lubis.

Pelantikan Asep Saepudin Jahar sebagai Rektor UIN Jakarta berlangsung di Auditorium HM Rasjidi Kantor Kementerian Agama, Jakarta Pusat, pada hari Rabu, (01/03/2023).

Kepala Biro Administrasi Administrasi Umum dan Kepegawaian UIN Jakarta Juanda Naim dalam keterangannya di laman resmi UIN Jakarta mengucapkan syukur atas dilantiknya Rektor baru UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. 

"Alhamdulillah hari ini Rabu tanggal 1 Maret 2023 tadi ada pelantikan Rektor UIN Jakarta yang baru, yaitu bapak Profesor Asep Jahar," ujar Juanda Naim di laman resmi UIN Jakarta.

Juanda Naim berharap kepada Rektor baru UIN Syarif Hidayatullah Jakarta bisa memberikan suasana dan semangat baru pada almamater. Ia juga menyampaikan harapan Yaqut agar UIN Jakarta menjadi barometer dan PTKIN Badan Hukum ke depannya.

"Wabil khusus terkait apa yang disampaikan Pak Menteri Agama agar UIN Jakarta terus menjadi barometer (keilmuan dan keislaman) dan menjadi universitas PTN Badan Hukum. Itu tadi target dari Pak Menteri Agama kepada rektor baru," imbuhnya.

Guru besar sosiologi

Asep Saepudin Jahar adalah seorang Guru Besar bidang Sosiologi Hukum Islam. Sebelum dilantik menjadi Rektor, ia sempat menjabat sebagai Direktur Sekolah Pascasarjana UIN Jakarta periode 2019-2023.

Ia juga tercatat pernah menjadi pimpinan Ketua Lembaga Penjaminan Mutu (LPM), Dekan Fakultas Syariah dan Hukum (FSH), serta Kepala Pusat Layanan Humas dan Bantuan Hukum LP2M UIN Jakarta.

Asep Saepudin Jahar merupakan salah satu Guru Besar yang masuk dalam bursa daftar calon Rektor UIN Jakarta periode 2023-2027. Asep Saepudin Jahar harus bersaing dengan 16 Guru Besar lainnya dalam pencalonan dirinya, salah satunya yakni Amany Lubis yang menjabat sebagai Rektor UIN Jakarta periode 2019-2022.

Demikian informasi seputar Asep Saepudin Jahar yang ditunjuk Yaqut Cholil selaku Menteri Agama (Menag) untuk menjabat sebagai Rektor UIN Syarif Hidayatullah Jakarta periode 2023-2027, menggantikan Rektor periode sebelumnya, Amany Lubis.

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR