Atlet Pencak Silat Indonesia Bayu Lesmana Dipaksa WO di Partai Final SEA Games 2023

11 Mei 2023 19:05 WIB

Narasi TV

Atlet pencak silat Indonesia Bayu Lesmana yang dipaksa WO dalam laga final SEA Games 2023 Kamboja. (Sumber:PGSD Penjas FPOK UPI)

Penulis: Moh. Afaf El Kurniawan

Editor: Rizal Amril

Atlet pencak silat Indonesia Bayu Lesmana dipaksa mundur setelah mendapat intervensi pada partai final cabang olahraga (cabor) Pencak Silat SEA Games 2023 Kamboja.

Bayu Lesmana sejatinya masuk partai final nomor Men’s Tanding U-45 kg yang digelar pada Rabu, (10/05/2023). Ia akan menghadapi kontingen tuan rumah Kamboja Non Sromoachkhoram.

Dalam partai final tersebut, Bayu Lesmana tak kunjung memasuki gelanggang pertandingan sehingga pihak penyelenggara menyatakan kontingen Indonesia kalah WO dan medali emas pun jatuh ke tangan Non Sromoachkhoram

Non Sromoachkhoram, seorang atlet Pencak Silat asal Kamboja memperoleh medali emas tanpa melakukan pertandingan di partai final setelah Bayu Lesmana dipaksa mundur.

Hal serupa juga terjadi pada babak semifinal ketika Non Sromoachkhoram melawan wakil Malaysia. Dalam babak semifinal tersebut, sang lawan tak kunjung memasuki lapangan pertandingan.

Hal tersebut membuat isu terkait adanya intervensi dari tuan rumah Kamboja agar persilat mereka meraih emas mencuat.

Isu tersebut kian santer ketika rekan Bayu Lesmana sesama pesilat Iedham Perdana Paramoura membuat pernyataan lewat video yang diunggah di akun Instagram pribadinya.

"Saya tidak ikut [ke Kamboja], tetapi saya menonton live final Bayu dan di situ ada yang ganjil," ucap Iedham, dikutip dari Kumparan.

Dalam video unggahan tersebut, dijelaskan jika Bayu Lesmana diminta untuk mundur dan tidak tampil pada partai final.

Lebih lanjut dalam postingan itu mengungkapkan jikalau Bayu tetap maju dan memperoleh kemenangan, maka medali akan ditarik oleh pihak penyelenggara.

"Pelatih dan manajer Indonesia yang cerita langsung ke Bayu kalau dia diminta undur diri. Kalau tidak undur diri, medali yang didapat akan di tarik, tetapi entah cuma medali yang didapat Bayu [perak] atau medali Indonesia, antara dua itu," imbuhnya.

Meski Bayu Lesmana gagal untuk mempersembahkan medali emas, namun Indonesia tetap menjadi juara umum di cabor Pencak Silat dengan perolehan 9 emas, 6 perak, dan 1 perunggu.

Pada urutan kedua ditempati oleh Malaysia yang mengemas 4 medali emas, 5 perak, dan 1 perunggu. 

Sedangkan tuan rumah Kamboja berada di urutan keenam dengan hanya mengumpulkan 2 emas dan 10 perunggu.

Demikian informasi seputar atlet Pencak Silat nomor Men’s Tanding U-45 kg yang dipaksa WO di SEA Games 2023 Kamboja.

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR