Aturan dan Tips Membawa Powerbank di Pesawat Agar Tidak Meledak

24 April 2024 11:04 WIB

Narasi TV

Ilustrasi handphone yang terhubung dengan power bank. Sumber: Freepik.

Penulis: Rusti Dian

Editor: Margareth Ratih. F

Aturan membawa powerbank di pesawat antar maskapai maupun bandara bisa berbeda. Hal ini semata-mata bertujuan untuk menghindari kejadian buruk selama penerbangan. Lantas, bagaimana aturan membawa powerbank di pesawat?

Powerbank merupakan salah satu barang elektronik yang biasa dibawa orang untuk memudahkan mengisi daya. Dengan powerbank, seseorang tidak perlu khawatir kehabisan baterai smartphone saat sedang di perjalanan.

Powerbank sangat dibutuhkan bagi orang yang sering travelling atau bepergian jauh. Kamu tetap bisa mengisi daya baterai meski sedang berada di tengah hutan sekalipun. Bentuknya praktis sehingga mudah dibawa ke mana saja dan tidak menghabiskan tempat di dalam tas atau kantong.

Namun, penggunaan powerbank tidak sepenuhnya aman. Pernah ditemukan kasus di mana ada kabin pesawat yang terbakar akibat powerbank pada awal 2023. Hal ini lantas menimbulkan pertanyaan, bagaimana aturan dan cara aman membawa powerbank dalam pesawat? Simak penjelasannya berikut ini!

Aturan membawa powerbank di pesawat

Pada dasarnya, membawa barang elektronik ke kabin pesawat memang tidak dilarang. Namun, penumpang tetap harus memperhatikan batasan watt-hour dan baterainya. Menurut International Air Transport Association (IATA), powerbank yang diperbolehkan dalam kabin pesawat maksimal memiliki 160 Wh (watt-hour).

Bagi powerbank yang memiliki watt hour di bawah 100 Wh dapat dibawa ke bagasi kabin penumpang. Namun, jika powerbank memiliki watt hour lebih dari 160 Wh, maka akan dilarang untuk dibawa ke pesawat.

Menurut Surat Edaran Nomor 015 Tahun 2018 yang diterbitkan oleh Direktorat Jenderal Perhubungan Udara, ada potensi risiko ledakan jika membawa powerbank dalam perjalanan menggunakan pesawat. Apalagi jika powerbank terhubung dengan perangkat elektronik lain di dalam pesawat.

Oleh karena itu, setiap maskapai diminta untuk menanyakan pada penumpang saat proses check in terkait kepemilikan powerbank. Kebijakan ini berlaku bagi penerbangan domestik maupun internasional.

Tips membawa powerbank di pesawat

Berikut tips aman membawa powerbank di pesawat agar terhindar dari kejadian yang tidak diinginkan:

  • Pastikan membawa powerbank dengan kapasitas maksimum 100 WH atau 20.000 mAh.
  • Cek regulasi penerbangan maskapai yang digunakan. Beberapa maskapai memiliki batasan jumlah powerbank yang boleh dibawa setiap penumpang atau jumlah yang boleh dibawa di bagasi kabin.
  • Jangan melakukan charging menggunakan powerbank selama penerbangan.
  • Pastikan mengisi powerbank sebelum perjalanan.
  • Beri lapisan proteksi untuk mencegah kerusakan pada powerbank.

Demikian aturan dan tips membawa powerbank dalam kabin pesawat. Semoga bermanfaat!

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR