Babe Cabita Meninggal: Karya dan Perjalanan Kariernya

9 April 2024 13:04 WIB

Narasi TV

Komedian Babe Cabita. (ANTARA/Instagram @babecabiita)

Penulis: Jay Akbar

Editor: Akbar Wijaya

Komedian Babe Cabita meninggal dunia di usia 34 tahun pada 9 April 2024. Kabar meninggalnya Babe Cabita disampaikan sejumlah pesohor tanah air.

Komedian Okri Rengga Winata pada Selasa (9/4/2024) menulis di akun instagramnya @okirengga33, "Innalillahi Wa Inna Ilaihi Raajiu'un. Telah meninggal anak, adik, suami, ayah kami Priya Prayogha Pratama bin Irsyad Tanjug (Babe Cabita) hari ini 9 April pukul 06.38."

Kepergian Babe Cabita juga diumumkan komika tunggal Marshel Widianto melalui akun Instagram @marshel_widianto.

"Rest in Pride Mitra... Abang Babe Kuh Sayaaaang," kata Marshel sambil menyematkan emoji menangis.

Aktris Tissa Biani mendoakan Babe Cabita sambil mengunggah foto mereka umrah bersama sekitar tahun 2022.

"Ku bersaksi Kak Babe orang baik, semoga amal ibadahnya diterima oleh Allah SWT dan keluarga yang ditinggalkan diberikan ketabahan dan keikhlasan," kata Tissa.

Sejumlah pesohor Tanah Air membanjiri foto terakhir dalam akun Instagram Babe Cabita dengan ucapan duka.

“Orang lain biasanya kalo bukber pada pamer harta, Tapi kalo kawanku bukber pada pamer otot!” kata Babe Cabita melalui sebuah foto yang diunggah di akun Instagram @babecabiita pada Rabu (3/4).

Contohnya saja, ada tokoh agama Islam Habib Husein Ja’far Al Hadar atau Habib Ja’far yang menulis “Orang baik, meninggal di bulan baik. Lahul-Fatihah,” ujarnya lewat akun @husein_hadar.

“Innalillahi wa inna ilaihi rojiun,” tulis Selebgram Fadil Jaidi melalui akun @fadiljaidi

Masih banyak publik figur lain yang turut menyatakan doa dan mendoakan Babe Cabita, dan hingga kini, jumlah komentar dalam foto terakhir itu sudah menembus 30.147 buah.

Babe Cabita meninggal hari ini pukul 06.38 WIB di Rumah Sakit Mayapada, Lebak Bulus, Jakarta Selatan. Jenazahnya akan dimakamkan setelah shalat Ashar di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Cirendeu, Tangerang Selatan.

Meski demikian, tidak disebutkan penyebab kematian komedian tersebut. Namun, tahun lalu Babe Cabita sempat menjalani perawatan di rumah sakit untuk penyakit anemia aplastik yang dideritanya.

Perjalanan Karier Babe Cabita

Babe Cabita dikenal masyarakat Indonesia karena bakatnya sebagai komedian stand up yang kerap berhasil mengocok perut para penonton melalui aneka "punchline" komedinya yang santai namun mengena para pemirsanya.

Pria bernama asli Priya Prayogha Pratama itu mulai jadi sorotan publik sejak menjuarai ajang pencarian bakat Stand Up Comedy Indonesia (SUCI) musim ketiga dari Kompas TV pada tahun 2013.Dari sana, Babe Cabita mulai “wara-wiri” di berbagai acara dan program televisi. 

Selain menjadi komedian tunggal, Babe juga sering diundang sebagai pengisi dan pembawa acara di sejumlah program televisi. Setelah itu, Babe pun mulai melebarkan sayapnya dengan mencoba dunia akting hingga akhirnya berhasil membintangi sejumlah film bergenre komedi yang sukses di layar lebar Indonesia.

Mulai dari “Comic 8”, “Get Up Stand Up”, Sesuai Aplikasi”, “Warkop DKI Reborn: Jangkrik Boss! Part 2”, dan berbagai judul film lainnya. Berkat kerja kerasnya, Babe berhasil masuk nominasi untuk kategori Pemeran Utama Pria Terbaik di ajang Indonesia Box Office Movie Awards 2017 untuk penampilannya di film “Comic 8: Casino Kings Part 2”.

Tidak berhenti di situ, Babe Cabita kembali membuat peluang kariernya sendiri dengan membuka usaha kuliner Dadar Beredar bersama King Abdi (salah satu peserta di MasterChef Indonesia). Tidak butuh waktu lama, usaha kulinernya itu berhasil menyita perhatian masyarakat dan sukses hingga saat ini.

Usaha kuliner Dadar Beredar menyajikan ragam menu berbahan dasar telur dengan harga terjangkau. Dadar Beredar pun telah memiliki sejumlah cabang di beberapa kawasan, seperti Bekasi, Solo, Batam, dan lainnya.

Meski Babe Cabita kini telah berpulang,  namun karya-karyanya semasa hidup akan tetap abadi di hati masyarakat Indonesia. Selamat jalan, Babe Cabita.

Sumber: Antara

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR