Bela Palestina, Reality Club Mundur dari Lineup SXSW 2024

19 Maret 2024 14:03 WIB

Narasi TV

Grup band Reality Club. (Sumber: ANTARA/HO/Creathink Publicist)

Penulis: Nuha Khairunnisa

Editor: Rizal Amril

Band indie rock asal Indonesia Reality Club batal manggung di South by Southwest Music Festival (SXSW) 2024. Pasalnya, salah satu sponsor acara tersebut turut andil dalam memasok senjata untuk serangan Israel di Palestina. 

Mundurnya Reality Club dari SXSW 2024 disampaikan melalui akun Instagram pada Kamis (14/3/2024), sehari sebelum jadwal penampilan mereka. 

“Mengetahui bahwa Angkatan Darat AS menjadi sponsor utama SXSW, serta keterlibatan kontraktor pertahanan [RTX] yang memproduksi dan memasok senjata yang dipakai untuk menyerang warga Palestina, kami memutuskan untuk menarik diri dari penampilan di SXSW,” demikian pengumuman yang disampaikan di akun Instagram @realityclub. 

Reality Club seharusnya tampil di segmen FRIENDS:FOREVER, acara musik Asia terbesar di SXSW yang diselenggarakan di Austin, Texas pada 14 dan 15 Maret 2024.

“Keputusan ini tidak diambil dengan mudah dan merupakan hasil dari banyak pertimbangan dan perbincangan antara kami dan penyelenggara acara,” lanjut pengumuman tersebut. 

Tampil di SXSW sejatinya merupakan impian band beranggotakan Fathia Izzati, Faiz Novascotia, Era Patigo, dan Nugi Wicaksono itu.

Sebelumnya, grup band pelantun "Anything You Want" tersebut pernah diundang untuk bermain di SXSW pada 2020, tetapi festival tersebut dibatalkan karena COVID-19. 

“Ketika kami diundang lagi pada tahun 2024, kami menjadwalkan tur Amerika Utara di sekitar festival. Namun, dengan mengikuti hati nurani, kami tidak bisa tampil di Austin pada 14 & 15 Maret 2024. Kami menolak untuk dikaitkan dengan organisasi yang terlibat dalam genosida di Palestina,” tegas Reality Club. 

Sementara itu, Reality Club berjanji akan memberikan penampilan terbaik pada tur di tiga kota Amerika Utara yang tersisa. 

Baca Selengkapnya

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR