Tarik Tunai BCA via EDC Kena Biaya Rp4.000, Berlaku Mulai 5 Juli 2024

16 Juni 2024 18:06 WIB

Narasi TV

Ilustrasi penggunaan ATM BCA. Sumber: ANTARA.

Penulis: Nuha Khairunnisa

Editor: Margareth Ratih. F

PT Bank Central Asia Tbk (BCA) akan mengenakan biaya administrasi tarik tunai sebesar Rp4.000 per transaksi yang dilakukan dengan kartu debit BCA melalui mesin electronic data capture (EDC). 

EVP Corporate Communication & Social Responsibility BCA Hera F Haryn menyebut ketentuan baru ini akan berlaku mulai 5 Juli 2024 mendatang. 

“Untuk setiap transaksi tarik tunai dengan menggunakan kartu debit BCA melalui EDC BCA, nasabah akan dikenakan biaya administrasi oleh merchant sebesar Rp4.000,” kata Hera dalam keterangan resminya, Kamis (13/6/2024).

Biaya administrasi ini nantinya akan ditambahkan langsung dari nilai transaksi penarikan tunai yang dilakukan oleh nasabah. 

Berlaku untuk pertama kali

Sebagai informasi, BCA sebelumnya tak mengenakan biaya administrasi untuk transaksi tarik tunai melalui mesin EDC. 

Hera menegaskan biaya administrasi hanya akan dikenakan untuk transaksi tarik tunai. Sementara itu, transaksi lainnya yang dilakukan melalui EDC BCA tetap dibebaskan dari biaya administrasi dan lain-lain.

“Perlu kami tegaskan bahwa biaya administrasi ini hanya dikenakan untuk transaksi tarik tunai, sedangkan transaksi lainnya, termasuk belanja dengan kartu debit BCA melalui EDC BCA, tidak dikenakan biaya apa pun,” ujarnya. 

Biaya administrasi yang dikenakan untuk transaksi tarik tunai via EDC BCA masih terhitung lebih rendah dibandingkan biaya tarik tunai melalui ATM non-BCA. Setiap pengambilan uang yang dilakukan lewat ATM non-BCA akan dikenai biaya sebesar Rp7.500 per transaksi. 

Adapun transaksi tarik tunai yang dilakukan melalui jaringan ATM BCA di seluruh Indonesia tetap tidak dikenakan biaya apa pun alias gratis. 

19.055 mesin ATM

Per 31 Maret 2024, BCA telah memiliki 19.055 mesin ATM yang tersebar di berbagai penjuru negeri. Dari total keseluruhan mesin ATM yang dimiliki BCA, sekitar 75 persen di antaranya merupakan ATM setor-tarik.

Hera menyebut pihaknya senantiasa memberikan kemudahan, kenyamanan dan keamanan dalam bertransaksi bagi seluruh nasabah.

“Komitmen tersebut dijalankan BCA untuk setiap layanan transaksi, baik di ekosistem online maupun offline,” pungkasnya. 

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR