Black Card: Kartu Kaum Elit Berduit

15 Dec 2022 19:12 WIB

thumbnail-article

Black Card. Sumber: Unsplash.

Penulis: Yohana Nabilla Wuryanto

Editor: Margareth Ratih. F

Bagi pengguna bank, istilah black card sudah seringkali terdengar, terutama bagi pengguna yang memiliki penghasilan dan pengeluaran cukup besar. Dilansir dari situs gobankingrates, black card adalah kartu kredit kelas atas yang bernilai tinggi dan tidak diterbitkan untuk semua pelanggan. Pihak bank hanya memilih beberapa nasabah kelas atas untuk menggunakannya. Dengan kata lain, pengguna atau pemilik black card, memiliki kelas  ekonomi di atas rata-rata.

Lebih lanjut, nasabah yang berkesempatan menggunakan black card juga memiliki beberapa keuntungan, meskipun tidak menampik fakta bahwa keuntungan atau fungsi black card mirip dengan kartu premium lainnya, namun kartu ini tetap memiliki  keunggulan lain.

Beberapa keuntungan  tersebut di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Akses VIP

Pemilik Black Card umumnya akan mendapat pelayanan akses VIP ke tempat atau event manapun. Bahkan bila suatu bank mengadakan konser,  pemilik kartu istimewa ini biasanya akan diundang dan mendapatkan tempat di barisan depan atau menjadi sosok yang diprioritaskan.

 

  • Undangan eksklusif brand ternama

Selain mendapat akses VIP, beberapa brand ternama yang bekerja sama atau membagi saham dengan suatu bank, biasanya akan mengundang pengguna black card untuk hadir dalam acaranya, seperti fashion show, launching sebuah produk baru, hingga menjadi salah satu orang yang berhak mendapat barang eksklusif atau limited edition.

 

  • Berhak menutup toko

Salah satu keuntungan memiliki black card adalah berhak menutup toko untuk berbelanja tanpa batas. Lantaran black card merupakan kartu eksklusif, maka penggunanya juga diperbolehkan untuk mendapat hak eksklusif ketika berbelanja, termasuk menutup seluruh toko. 

 

Lebih lanjut, untuk mendapatkan black card tentu ada syarat atau kriteria yang harus dipenuhi, beberapa kriteria tersebut adalah:

  1. Menjadi Pengguna Kartu American Express Jenis Lain
  2. Tercatat sebagai pengguna kartu American Express minimal satu tahun.
  3. Memiliki pengeluaran menggunakan kartu terbitan American Express minimal USD250 ribu atau sekitar Rp3,67 miliar (kurs Rp14.661 per USD).
  4. Sering berbelanja dengan jumlah minimal USD450 ribu atau sekitar Rp6,6 miliar setiap tahun. 

 

Jenis black card dan biayanya

Setidaknya ada tiga jenis black card di dunia, yaitu sebagai berikut:

  • American Express Centurion Card

Kartu black card yang satu ini oleh dimiliki konglomerat AS ini mematok biaya masuk pendaftaran sebesar 10.000 dollar AS. Selain itu juga ada biaya tahunan sebesar 5.000 dollar AS. Maka tak heran apabila kartu black card adalah ini ditujukan untuk nasabah yang berbelanja dengan intensitas tinggi dan menginginkan akses eksklusif dan layanan tingkat atas.

 

  • J.P. Morgan Reserve Card

 Hingga saat ini, setidaknya  terdapat sekitar 5.000 pengguna kartu J.P. Morgan Reserve Card. Untuk menjadi salah satu penggunanya, dibutuhkan setidaknya aset senilai 10 juta dollar AS yang berada di bawah bank J.P. Morgan. Sementara untuk mendaftar, pemilik black card ini harus siap membayar biaya tahunan sebesar 595 dollar AS.

 

  • Mastercard Black Card

Mastercard Black Card adalah yang paling terjangkau dibanding dua black card sebelumnya dengan biaya tahunan 495 dollar AS.  Pemilik Mastercard Black Card  dapat menikmati layanan pramutamu perjalanan mewah, akses gratis ke majalan mewah, akses ruang VIP, akses tak ternilai dari Mastercard, tidak ada biaya transaksi di luar negeri, dan sebagainya.



Demikian informasi mengenai black card, si kartu kreditnya orang kaya. Beberapa orang yang diketahui memiliki black card adalah seluruh anggota boy group  BTS, Oprah Winfrey, Beyonce, hingga Nagita Slavina.

Apa Komentarmu?

Tulis komentar

ARTIKEL TERKAIT

VIDEO TERKAIT

KOMENTAR

Latest Comment

Belum ada komentar

Jadilah yang pertama mengirimkan komentar untuk bertukar gagasan dengan pengguna lainnya

TERPOPULER