Buku Motivasi Terbaik Sepanjang Masa

12 Dec 2022 20:12 WIB

thumbnail-article

Buku. Sumber: Freepik.

Penulis: Elok Nuri

Editor: Margareth Ratih. F

Hidup itu terkadang seperti wahana roller coaster, terkadang naik dan juga turun. Namun hidup akan lebih merasa cukup ketika kita bisa menerima bahwa setiap proses yang kita mau aka nada tantangan dan juga hambatan. Inilah salah satu alasan kita butuh sumber inspirasi, salah satunya ada dari buku-buku bermuatan motivasi terbaik di bawah ini.

Buku-buku ini akan memberikanmu semangat setiap harinya. Tidak hanya itu kamu akan mempertanyakan apa yang kamu butuhkan saat ini untuk tumbuh dan berkembang. Buku-buku motivasi berikut juga diharapkan akan memberimu sumber inspirasi yang cukup banyak untuk menyalakan api semangatmu!

The Alchemist (Paulo Coelho)

The Alchemist karya Paulo Coelho ini merupakan sebuah novel yang berkisah tentang perjalanan yang menginspirasi menuju penemuan jati diri. Hal mistisisme dan kebijaksanaan digabungkan dalam novel klasik ini.

Kisah ini menguraikan perjalanan seorang anak gembala yang ingin berkeliling dunia untuk mencari harta karun tetapi akhirnya menemukan jenis kekayaan yang sangat berbeda dari yang dibayangkan sebelumnya.

Secara keseluruhan, buku ini mendorong kita masing-masing untuk mendengarkan kata hati kita, mengenali peluang unik dalam hidup, dan mengejar hasrat. The Alchemist telah terjual jutaan kopi di seluruh dunia dan sudah diterjemahkan ke bahasa Indonesia.

The Power of Habit (Charles Duhigg)

The Power of Habit berkisah tentang seorang pemuda bernama Travis. Ia adalah korban broken home dengan orang tua pecandu obat-obatan. Ia berkali-kali dipecat dari pekerjaan karena tidak bisa mengendalikan emosi. Namun, sesudah menjalani pelatihan pegawai Starbucks yang mengajarkan kekuatan tekad, Travis kini sukses menjadi manajer dua cabang kafe terkenal itu.

Buku motivasi ini memberikan pesan bahwa habit atau kebiasaan adalah kunci dari keberhasilan. Charles sebagai penulis akan membawa kita pembacanya dalam pengendalian diri dan mengubah pola pikir ketika kita dihadapi dan harus menyikapi suatu keadaan.

Tidak hanya itu ia juga menjabarkan secara sistematis suatu sikap atau kebiasaan seseorang melalui sebuah kejadian yang terkait dalam diri orang tersebut.

Diharapkan dengan membaca buku The Power of Habit ini kamu dapat kembali bersemangat memulai sesuatu dari “small step” untuk membangun kebiasaan baru yang lebih baik lagi.

 

Seni untuk Bersikap Bodo Amat (Mark Manson)

buku motivasi terbaik bersampul orange karya Mark Manson berisi tentang agar kamu tidak berhenti berusaha dan menjadi positif sepanjang waktu sehingga kamu dapat mengetahui apa yang perlu kita lakukan untuk benar-benar menjadi orang yang lebih baik dan lebih bahagia.

Secara keseluruhan, buku ini menyajikan beberapa kebijaksanaan filosofis yang hebat untuk generasi modern yang belakangan ini dibombardir oleh jutaan informasi dan iklan yang kerap kali membuat kita merasa selalu kurang.

Seni untuk Bersikap Bodo Amat ditulis menggunakan gaya bahasa yang gampang dimengerti dan setiap babnya diawali dengan cerita-cerita yang menarik. Mark tentu berhasil menyediakan cerita dengan apik melalui pendekatan yang jujur dan brutal.

Dalam buku Seni Bersikap Bodo Amat ini, MARK Manson berusaha  untuk mendorong kamu agar bisa menerima kesalahan dan kekurangan diri, karena pada kenyataannya hidup tidak selalu adil. Terlepas dari upaya terbaik kita, tidak semua orang akan menang.

Tidak hanya itu buku ini juga akan mendorong kamu untuk mendapatkan kendali atas kehidupan secara keseluruhan dan menerima bahwa segala pengalaman negatif akan menuntun kita ke hasil yang positif.

Segala-galanya Ambyar (Mark Manson)

Berbeda dengan buku sebelumnya dalam buku Segala-galanya Ambyar, Mark Manson berusaha mengupas masalah yang seringkali kita hadapi yakni seputar harapan. Meskipun kita hidup di waktu terbaik dalam sejarah manusia, Mark menjelaskan bahwa segala sesuatu tampaknya sangat kacau.

Dalam buku ini dijelaskan tentang pemerintahan yang korup, ekonomi yang buruk, pemanasan global dan semua orang yang mudah tersinggung

Buku motivasi satu ini juga mengulik hubungan kita dengan uang, hiburan, dan internet, dan membahas bahwa terlalu banyak hal baik yang ternyata dapat menghancurkan kita.

Segala-galanya Ambyar mengajarkan kita agar lebih terbuka dan jujur dengan diri sendiri dan lebih terhubung dengan dunia di sekitar kita.

 

Man’s Search for Meaning (Victor E. Frankl)

Viktor Frankl merupakan seorang Psikiater asal Austria, dalam buku Man’s Search for Meaning ini membahas secara detail pengalamannya tinggal di kamp Nazi. Dalam buku ini Frankl memiliki argumen bahwasannya menghindari penderitaan itu tidaklah realistis. Namun, dengan memilih cara kita mengatasi penderitaan itu dan menemukan makna darinya, kita mampu untuk bergerak maju dengan tujuan yang baru.

Man’s Search for Meaning telah terdaftar sebagai salah satu buku paling berpengaruh dan saat ini telah terjual lebih dari 10 juta eksemplar dalam dua puluh empat bahasa termasuk bahasa Indonesia.

Itulah 5 rekomendasi buku motivasi yang akan mengubah hidupmu. Dari kelimanya buku mana yang sudah kamu baca?

Apa Komentarmu?

Tulis komentar

ARTIKEL TERKAIT

VIDEO TERKAIT

KOMENTAR

Latest Comment

Belum ada komentar

Jadilah yang pertama mengirimkan komentar untuk bertukar gagasan dengan pengguna lainnya

TERPOPULER