Tips and Tricks Agar Judul Skripsi Cepat Di-acc Dosen Pembimbing

30 Oktober 2023 10:10 WIB

Narasi TV

Ilustrasi seseorang yang mengerjakan tugas akhir kuliah. Sumber: Freepik.

Penulis: Rusti Dian

Editor: Margareth Ratih. F

Cara agar judul skripsi cepat di-acc dosen pembimbing perlu diketahui oleh mahasiswa semester akhir. Persetujuan yang lama dapat menunda pengerjaan skripsi. Hal ini tentu berdampak pada waktu kelulusan dari perguruan tinggi.

Hingga saat ini, skripsi masih menjadi tugas akhir yang digunakan sebagai syarat kelulusan mahasiswa S1. Kendati demikian, ada pula beberapa program studi yang sudah tak lagi memberlakukan skripsi, melainkan tugas akhir selain karya ilmiah.

Dalam menyusun skripsi, tak sedikit mahasiswa semester akhir yang sering merasa kesulitan saat menentukan judul skripsi. Padahal, judul adalah komponen pertama yang akan dilihat dan dipertimbangkan sebelum masuk pada substansi penelitian. Mahasiswa wajib menguasai permasalahan yang diangkat dari judul tersebut.

Lantas, bagaimana cara agar judul skripsi cepat di-acc atau disetujui oleh dosen pembimbing?

Cara membuat judul skripsi

Sebelum membuat judul skripsi, hal yang harus diperhatikan adalah area minat dan konsistensi. Area minat menyoroti pada apa yang ingin dicapai dari penelitian. Jelaskan secara spesifik subjek atau objek penelitianmu dalam judul tersebut. Misalnya, alih-alih menyebut “sosial media”, kamu bisa memperjelas dengan “Instagram”.

Konsistensi merujuk pada isi penelitian. Sebisa mungkin untuk menghindari persepsi pembaca. Oleh karena itu, kamu harus menyebut secara clear metode penelitian yang ingin dilakukan.

Setelah memperhatikan dua hal di atas, berikut cara membuat judul skripsi yang menarik agar cepat disetujui oleh dosen pembimbing:

  • Pastikan fenomena penelitian menarik diteliti

Dosen pembimbing akan sangat menyukai penelitian yang berangkat dari isu terkini (hot issues). Kamu dapat dinilai sebagai mahasiswa yang peka akan sebuah masalah.

Namun, pastikan fenomena tersebut menarik untuk diteliti. Ingat bahwa tak semua fenomena bisa menjadi topik penelitian. Tak ada salahnya berdiskusi dengan dosen pembimbing untuk menemukan fenomena yang menarik diteliti.

  • Objek dan subjek penelitian jelas

Tak sedikit mahasiswa yang khawatir subjek dan objek penelitiannya tak bisa dihubungi atau tidak berkenan diwawancarai. Demi menghindarkan dari masalah ini, kamu bisa memanfaatkan relasi di tempat penelitian. Dengan begitu, kamu tak perlu memakan banyak waktu saat melakukan penelitian.

  • Tentukan teori yang disukai

Saat mengajukan judul, dosen pasti akan menanyakan teori yang digunakan dalam penelitian. Hal ini tidak akan terlalu sulit jika kamu berangkat dari teori yang disukai. Yakinkan pada dosen pembimbing bahwa kamu paham dengan teori dan permasalahan yang diangkat dalam penelitian.

  • Pastikan judul mencakup hal dasar

Hal dasar yang harus ada dalam judul yaitu menggambarkan topik, menjelaskan metode yang digunakan, sampel, subjek, atau objek penelitian, serta hasil penelitian. Empat hal dasar ini sebisa mungkin terangkum menjadi satu kalimat judul yang menarik.

  • Gunakan kata kunci yang tepat

Di era digital seperti sekarang, keberadaan Search Engine Optimization (SEO) sangat krusial. Ketika kamu menggunakan kata kunci yang tepat dalam skripsi, tak menutup kemungkinan skripsimu dapat muncul di mesin pencarian Google.

  • Kembangkan judul penelitian lama

Terakhir, jika kamu benar-benar bingung ingin menulis judul, kamu bisa mengembangkan dari judul penelitian lama. Ingat, penelitian yang bagus justru merupakan pengembangan penelitian sebelumnya.

Demikian tips membuat judul skripsi yang menarik agar cepat disetujui oleh dosen pembimbing. Perlu ketekunan, kerja keras, dan kesabaran bagi mahasiswa selama menunggu judul disetujui. Semoga bermanfaat!

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR