8 Cara Agar Tidak Mabuk Perjalanan, Panduan Baik Bagi Pemudik

9 April 2024 14:04 WIB

Narasi TV

Ilustrasi mabuk perjalanan di mobil. (Sumber: Freepik)

Penulis: Rusti Dian

Editor: Rizal Amril

Mabuk perjalanan tentu sangat mengganggu dan membuat tidak nyaman. Kamu akan merasakan pusing, mual, muntah, keringat berlebih, dan lemas di dalam kendaraan. Bagaimana cara agar tidak mabuk perjalanan? Simak penjelasannya berikut ini!

Mabuk perjalanan (motion sickness) bisa terjadi karena adanya pergerakan berulang dalam kendaraan selama perjalanan. Pergerakan tersebut bisa berupa gas-rem berulang di jalanan naik atau turun. Hal ini dapat memicu perbedaan antara sinyal yang dikirim mata, telinga, otot, dan persendian.

Perbedaan sinyal tersebut membuat tubuh bingung. Akhirnya, munculah reaksi seperti pusing, mual, dan muntah yang menjadi ciri-ciri mabuk perjalanan. Motion sickness bisa terjadi dalam transportasi apa saja, baik darat, laut, maupun udara.

Kamu bisa mengatasi mabuk perjalanan tanpa mengonsumsi obat-obatan. Ada cara lain yang bisa dilakukan untuk mengalihkan perhatian dan membuat tubuh lebih nyaman. Bagaimana caranya?

Cara agar tidak mabuk perjalanan

Berikut cara yang bisa diterapkan agar tidak mabuk perjalanan:

1. Konsumsi makanan tertentu

Makanan yang bisa dikonsumsi untuk mengatasi mabuk perjalanan diantaranya buah kering, pisang, jahe, dan roti gandum. Ingat, rasa mual bisa timbul karena lambung yang tidak terisi makanan.

2. Minum air putih

Jangan lupa untuk tetap mengonsumsi air putih yang cukup. Asupan cairan dapat membuatmu terhindar dari dehidrasi yang menyebabkan pusing dan mual. Kamu juga bisa mengonsumsi jus dan susu selama perjalanan.

3. Nyalakan AC atau buka jendela

Tidak ada salahnya jika sesekali membuka jendela dan menghirup udara segar. Hal ini bertujuan agar sirkulasi udara di dalam kendaraan jauh lebih baik. Dengan begitu, rasa pengap, pusing, dan mual bisa teratasi.

4. Mendengarkan musik

Untuk mengatasi kebosanan, kamu bisa mendengarkan musik sepanjang perjalanan. Selain itu, musik juga bisa mencegah gejala mabuk perjalanan seperti mual dan muntah.

5. Ambil alih kemudi

Jika kamu bisa menyetir, cobalah untuk ambil alih kemudi. Mengemudikan kendaraan akan membuat semua indera dalam tubuh berfungsi dengan baik. Hal ini tentu dapat mengurangi gejala mabuk perjalanan, bahkan mencegahnya agar tidak kembali.

6. Pilih tempat duduk yang tepat

Kamu bisa memilih duduk di kursi bagian depan mobil atau kursi yang sejajar dengan sayap pesawat. Carilah tempat duduk yang menghadap depan atau searah dengan laju kendaraan. Hal ini guna meminimalisir guncangan dan tidak membuat tubuhmu bingung.

7. Hindari bermain gadget

Layar HP bisa menyebabkan ketidaksesuaian sinyal yang diterima mata dan telinga. Oleh karena itu, kurangi penggunaan gadget selama di perjalanan. Apalagi jika kamu menggunakannya untuk membaca tulisan.

8. Hirup aromaterapi

Terakhir yaitu menghirup aromaterapi atau mengoleskannya ke hidung. Hal ini mampu membuat tubuh lebih rileks sehingga mabuk perjalanan pun dapat teratasi.

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR