Cara Cek 3uTools iPhone, Periksa Apakah Masih Ori?

14 Mar 2023 16:03 WIB

thumbnail-article

Salah satu seri iPhone. Sumber: Freepik.

Penulis: Moh. Afaf El Kurniawan

Editor: Margareth Ratih. F

Bagi pengguna iPhone sangat penting untuk mengetahui apakah iPhone Anda masih ori atau rekondisi. Hal itu karena setiap penjual pasti memberikan klaim bahwa barang yang dijualnya adalah produk asli. Untuk memastikan iPhone yang Anda miliki adalah iPhone asli bisa dilakukan dengan mengeceknya di 3uTools. 

Pertanyaannya, apa itu 3uTools? 3uTools merupakan aplikasi desktop yang umumnya terpasang pada Windows maupun MacOS. Tidak hanya iPhone saja yang bisa Anda deteksi dengan aplikasi ini, tetapi produk Apple lainnya seperti iPad maupun iPod touch.

Aplikasi 3uTools dapat mengetahui jika ponsel ternyata bukan buatan pabrik asli atau terdapat bagian ponsel yang telah diubah dan sudah tidak ori seperti misalnya baterai, layar, atau spare part lainnya. 

Untuk bisa mengeceknya, lakukan tahapan-tahapan cara cek 3uTools iPhone berikut ini:

  1. Unduh dan pasang aplikasi 3uTools

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah melakukan pemasangan perangkat lunak di laptop atau komputer. Tenang saja, aplikasi 3uTools ini bisa didapatkan secara gratis melalui situs resminya di www.3u.com.

Tunggu proses pengunduhan selesai, lalu pasang aplikasi dan ikuti instruksi pada tiap tahapannya.

  1. Hubungkan ponsel dengan komputer

Hubungkan iPhone Anda dengan komputer atau laptop Anda menggunakan kabel lightning atau type-c dan pastikan bisa digunakan untuk transfer data. Setelah terhubung, buka aplikasi 3uTools. Tunggu sejenak hingga proses pengenalan selesai.

  1. Cek informasi ponselmu

Jika proses scanning selesai, 3uTools akan menampilkan informasi lengkap terkait dengan iPhone Anda. Informasi yang muncul akan berupa tipe, seri, nomor kode spare part, kapasitas baterai, dan masih banyak lagi.

Perhatikan pada proses identifikasi 3uTools pada perangkat Anda. Jika warna yang ditampilkan berwarna merah, berarti bagian tersebut sudah pernah diganti. Jika berwarna hijau berarti bagian tersebut masih orisinil. Jika menunjukkan warna orange berarti ponsel replacement unit asli dari iPhone.

  1. Buka view verification report (VVR)

Untuk mendapatkan hasil maksimal, Anda bisa menampilkan VVR atau View Verification Report merupakan laporan yang menampilkan keadaan ponsel lebih lengkap.

3uTools score

Setelah melakukan penilaian, 3uTools akan menampilkan penilaian secara keseluruhan. Nilai ini disajikan dalam bentuk testing score di bagian kiri bawah. Jika angkanya semakin besar, berarti semakin baik kondisi ponsel.

Jika 3uTools memberikan angka 100, itu pertanda bahwa seluruh komponen iPhone Anda belum pernah di-service ataupun diganti.

Demikian informasi seputar Cara Cek 3uTools iPhone untuk memastikan iPhone yang Anda miliki masih ori atau tidak.

Apa Komentarmu?

Tulis komentar

ARTIKEL TERKAIT

VIDEO TERKAIT

KOMENTAR

Latest Comment

Belum ada komentar

Jadilah yang pertama mengirimkan komentar untuk bertukar gagasan dengan pengguna lainnya

TERPOPULER