Cara Cek KTP Apakah Dapat Bansos 2024, Mudah Hanya Menggunakan HP

15 Jul 2024 15:07 WIB

thumbnail-article

lustrasi - Pekerja mengemas paket bantuan sosial (bansos). Sumber: ANTARA.

Penulis: Elok Nuri

Editor: Margareth Ratih. F

Cara cek Kartu Tanpa Penduduk (KTP) apakah dapat bantuan sosial (Bansos) untuk tahun 2024, kini bisa dilakukan cukup mudah secara online melalui HP atau ponsel.

Pengecekan secara online ini mempermudah masyarakat untuk mencari tahu juga terkait skema dan jadwal pembagian bansos tanpa perlu mengantre di kantor kelurahan atau kecamatan.

Untuk tahun ini pemerintah melalui Kementerian Sosial (Kemensos) berencana untuk menyalurkan beberapa bansos, baik itu tunai maupun non-tunai yang berbentuk bahan pangan.

Program ini bertujuan agar dapat membantu masyarakat miskin dan rentan untuk dapat memenuhi kebutuhan dasarnya. Namun sayangnya masih banyak masyarakat yang belum mengetahui status mereka sebagai penerima bansos.

Jenis Bantuan Sosial (Bansos) tahun 2024

Mengutip dari laman Kementerian Sosial, berikut adalah  jenis-jenis Jenis-jenis Bansos Kemensos . 

Program Keluarga Harapan (PKH)

PKH merupakan bantuan tahunan yang diberikan oleh Pemerintah kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang terdaftar di Daftar Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kemensos

Program bantuan ini mencangkup aspek kesejahteraan, pendidikan dan kesehatan. Besaran PKH untuk ibu hamil dan anak balita sebesar Rp3 juta per tahun.

Sementara dari sektor pendidikan bagi siswa SD mendapatkan bantuan Rp900 ribu per tahun, siswa SMP  Rp1,5 juta per tahun, dan siswa SMA Rp2 juta per tahun.

Terkait kesejahteraan, keluarga yang memiliki anggota keluarga penyandang disabilitas akan menerima bantuan Rp2,4 juta per tahun. Semenatra untuk lansia akan menerima bantuan Rp2,4 juta per tahun.

Bantuan Pangan Non-Tunai (BPNT)

BPNT atau Kartu Sembako diberikan dalam bentuk uang kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) berdasarkan Daftar Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) yang dibagikan setiap 2 bulan sekali. 

Masyarakat juga mendapatkankan bantuan dalam bentung uang. Terkait jumlahnya, mendapatkankan Rp200.000 per bulan, sehingga akan menerima Rp400.000 dalam sekali pencairan.

Bantuan Pangan Beras 10 Kg

Bantuan Pangan Beras sebesar 10kg didasarkan pada data Pensasaran Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem (P3KE) Kementerian Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) dan dilakukan untuk bantuan 3 bulan pertama.

Bantuan ini akan disalurkan pada Juli, Agustus, Oktober, dan Desember 2024.

BLT Mitigasi Risiko Pangan

Program ini adalah program lanjutan dari BLT El Nino yang telah selesai di tahun 2023, untuk meminimalisir risiko kenaikan harga pangan sebagai dampak ketidakpastian global. Masyarakat yang menerima bantuan ini akan menerima bantuan sebesar Rp200 ribu per bulan.

Cara cek KTP apakah dapat bantuan sosial (Bansos)

  • Kunjungi laman http://cekbansos.kemensos.go.id/
  • Masukkan nama provinsi
  • Pilih nama kabupaten/kota Klik kecamatan dan desa sesuai domisili
  • Masukkan nama penerima bansos sesuai KTP
  • Ketikkan empat huruf kode
  • Klik tombol “CARI DATA”.

Tidak lama sistem akan menampilkan data, apakah kamu terdaftar sebagai penerima Bansos atau tidak.

Apa Komentarmu?

Tulis komentar

ARTIKEL TERKAIT

VIDEO TERKAIT

KOMENTAR

Latest Comment

Belum ada komentar

Jadilah yang pertama mengirimkan komentar untuk bertukar gagasan dengan pengguna lainnya

TERPOPULER