10 Cara Agar Cepat Tidur, Sobat Begadang Wajib Coba

5 Oktober 2023 16:10 WIB

Narasi TV

Ilustrasi seseorang yang tertidur pulas. Sumber: Freepik.

Penulis: Rusti Dian

Editor: Margareth Ratih. F

Siapa yang sering mengalami sulit tidur cepat di malam hari? Kesulitan tidur ini termasuk gangguan yang disebut insomnia. Siapapun bisa mengalami kesulitan tidur, apalagi jika sedang banyak pikiran. Simak penjelasan berikut ini terkait cara agar cepat tidur saat malam hari.

Insomnia adalah gangguan tidur yang terjadi ketika seseorang sulit tidur. Penyebabnya bisa beragam mulai dari masalah fisik atau psikis. Padahal, insomnia dapat berujung pada penyakit serius seperti tekanan darah tinggi dan penyakit jantung.

Tidur adalah salah satu cara untuk mengistirahatkan tubuh setelah seharian bekerja. Tidur yang cukup dapat membuat organ tubuh berfungsi kembali dengan baik sehingga dapat meningkatkan kekebalan tubuh.

Sayangnya, beberapa orang tidak bisa langsung tidur meski sudah berbaring di tempat tidur. Penyebabnya pun bisa berbeda antara orang dewasa, lansia, bayi, dan anak-anak. Apalagi jika kamu terbiasa begadang, pasti akan mengalami kesulitan tidur.

Lantas, bagaimana cara agar cepat tidur?

Cara cepat tidur

Berikut ini cara yang bisa kamu lakukan agar cepat tidur, terutama jika kamu sudah berada di dalam kamar atau berbaring di tempat tidur:

  • Turunkan suhu ruangan

Suhu ruangan yang terlalu hangat atau panas akan membuatmu sulit tidur. Untuk mengakalinya, kamu bisa menurunkan suhu ruangan sekitar 15-23 derajat Celcius jika menggunakan AC. Kamu juga bisa mandi dulu sebelum tidur untuk menurunkan suhu tubuh.

  • Matikan lampu

Selanjutnya adalah matikan lampu. Ruangan yang gelap dapat meningkatkan produksi melatonin, hormon penting untuk tidur. Jika kamu tidak bisa tidur di ruangan gelap, opsi lain adalah dengan menggunakan cahaya remang-remang.

  • Dengarkan musik relaksasi

Musik juga bisa membantumu agar bisa tidur cepat. Cobalah cari musik yang memberi ketenangan seperti musik untuk meditasi. Kamu juga bisa menggunakan musik instrumental, suara hujan, air, dan lain sebagainya.

  • Meditasi atau yoga

Meditasi atau yoga dapat membantu menenangkan pikiran dan membuat tubuh lebih rileks. Pola pernapasan dan gerakan tubuh saat yoga bisa melepaskan ketegangan pada tubuh, sedangkan meditasi bisa meningkatkan kadar melatonin.

  • Menggunakan aromaterapi

Kamu juga bisa menggunakan aromaterapi dalam kamarmu untuk meningkatkan kualitas tubuh. Pilih aromaterapi yang disukai untuk digunakan sebelum tidur. Biasanya orang akan memilih aromaterapi lavender dan mawar.

  • Membaca buku

Alih-alih bermain gadget, kamu bisa membaca buku lebih dulu sebelum tidur. Usahakan untuk membaca buku fisik dan hindari e-book. Pasalnya, e-book memancarkan cahaya biru yang mengurangi sekresi melatonin sehingga kamu akan kesulitan tidur.

  • Coba metode bernafas 4-7-8

Metode nafas 4-7-8 ini dapat memberi efek ketenangan dan rileks. Caranya mudah yaitu dengan menutup mulut dan tarik nafas lewat hidung selama 4 hitungan. Tahan nafas selama 7 hitungan. Kemudian buka mulut dan buang nafas selama 8 hitungan. Ulangi selama 3-4 kali atau sampai kamu merasa nyaman.

  • Hindari tidur siang

Sebaiknya hindari tidur siang meskipun kamu dalam kondisi mengantuk. Kebiasaan ini mampu memengaruhi pola tidur di malam hari. Jika kamu ingin tidur siang, batasi aktivitas tersebut sekitar 20-30 menit saja.

  • Hindari kafein

Hindari mengonsumsi makanan atau minuman berkafein sebelum tidur. Hal ini dikarenakan kafein memiliki efek buruk bagi kualitas tidur. Batasi mengonsumsi kafein sebelum tidur maksimal enam jam sebelum tidur.

  • Buat jadwal tidur

Terakhir yaitu dengan membuat jadwal tidur yang rutin. Jika tubuh terbiasa bangun dan tidur di waktu yang sama setiap hari, maka jam internal tubuh akan terbentuk. Dengan begitu, kamu akan lebih mudah tidur dan bangun di waktu yang sama.

Demikian 10 cara agar cepat tidur untuk menghindari insomnia. Semoga bermanfaat!

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR