Cara ke PIK Menggunakan KRL Commuter Line dan TransJakarta, Mana yang Lebih Mudah?

19 Juli 2023 21:07 WIB

Narasi TV

Ilustrasi KRL commuter line menuju Pantai Indah Kapuk (PIK). ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja

Penulis: Elok Nuri

Editor: Rizal Amril

Kawasan PIK atau Pantai Indah Kapuk merupakan area rekreasi yang sering dikunjungi oleh masyarakat Jabodetabek.

Sayangnya akses transportasi umum menuju PIK masih terbatas, berikut adalah cara ke PIK dengan transportasi umum menggunakan KRL atau TransJakarta.

Area PIK memiliki beragam pilihan wisata mulai dari Pantai Maju, Pantai Pasir Putih, Wisata Alam Mangrove, Pantjoran PIK, dan masih banyak lagi.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut adalah cara naik KRL atau Busway bagi kamu yang ingin pergi ke area PIK.

Cara ke PIK menggunakan KRL commuter line

Cara pertama ini bisa menjadi alternatif transportasi umum yang bisa kamu gunakan untuk menuju area PIK.

Walaupun terbilang praktis dan cepat, sampai saat ini belum ada stasiun KRL yang dekat dari Kawasan PIK, oleh karenanya perlu alih moda transportasi untuk mencapai PIK dengan commuter line.

  • Stasiun yang terdekat dari PIK adalah Stasiun Rawa Buaya, Stasiun Jakarta Kota dan Stasiun Duri, pilihlah salah satu stasiun tersebut ketika naik KRL.
  • Bagi kamu yang berangkat dari Bekasi, maka harus transit dulu di Manggarai untuk menuju Stasiun Jakarta Kota.
  • Sementara bagi kamu yang dari arah Bogor atau Depok bisa langsung naik kereta dengan tujuan akhir Stasiun Jakarta Kota.
  • Bagi yang datang dari daerah Tangerang bisa langsung ke Stasiun Duri atau bisa juga turun di Stasiun Rawa Buaya.
  • Bagi yang berhenti di Stasiun Jakarta Kota, maka kamu harus berjalan sedikit lagi ke Halte Jakarta Kota yang tidak jauh dari stasiun, kemudian lanjut naik TransJakarta dengan nomor 1A atau R1A dengan rute Balai Kota sampai Pantai Maju.
  • Bagi yang berhenti di Stasiun Duri, kamu bisa langsung menggunakan shuttle bus yang sudah tersedia di pintu keluar stasiun, tarifnya kisaran Rp15.000 untuk rute Stasiun Duri sampai Taman Bahari PIK.
  • Sementara jika kamu berhenti di Stasiun Rawa Buaya kamu bisa menggunakan ojek online untuk melanjutkan rute ke arah PIK, untuk ongkosnya menyesuaikan waktu pemesanan.

Cara ke PIK menggunakan TransJakarta

Naik TransJakarta bisa menjadi pilihan bagi kamu yang ingin hemat tanpa mengeluarkan ongkos yang banyak. 

Akan tetapi, kamu harus rela menghabiskan waktu berjam-jam di jalan, belum lagi kemacetan Jakarta yang tidak bisa diprediksi.

Ada beberapa rute alternatif yang bisa kamu pilih yang pertama dari Halte Cawang UKI menuju Pluit dengan TransJakarta koridor 9, kemudian turun di Halte Penjaringan, lanjut berganti bus koridor 1A menuju Gold Coast PIK.

Kedua, kamu bisa menaiki bus TransJakarta 1A di Halte Monas, kemudian turun di Food Street PIK.

Ketiga, kamu bisa berangkat dari Terminal Blok M dengan menggunakan TransJakarta koridor 1 kemudian turun di Halte Harmoni, lalu berganti bus TransJakarta koridor 1A turun di Halte Gold Coast PIK.

Jika kamu ingin pergi ke lokasi wisata PIK lainnya, dari Gold Coast PIK bisa menggunakan moda transportasi lain untuk menuju tempat tujuan.

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR