Cara Membuat Linktree Gratis, Cepat, dan Mudah

25 Desember 2022 10:12 WIB

Narasi TV

Tampilan Linktree di mobile phone. Sumber: Linktr.ee

Penulis: Moh. Afaf El Kurniawan

Editor: Margareth Ratih. F

Barangkali seorang pengguna Instagram aktif sering menemukan atau melihat kalimat yang bertuliskan link in bio dalam sebuah postingan Instagram. Perlu diketahui bahwa postingan Instagram tersebut menggunakan Linktree sebagai tautan tunggal untuk berbagai tautan yang mereka ingin bagikan.

Lantas bagaimana cara membuat Linktree? Artikel ini akan mengulas tuntas mengenai apa itu Linktree dan kegunaannya.

Mengenal Linktree dan Kegunaannya

Linktree merupakan layanan gratis yang bisa seseorang manfaatkan dengan anggaran yang sangat terbatas. Seseorang bisa menautkan semua link yang diinginkan ke halaman Linktree yang dimilikinya. Hanya saja jika menggunakan paket yang berbayar tentunya akan lebih lengkap lagi fitur yang diperoleh.

Lalu apa saja kegunaan Linktree? Simak penjelasannya berikut ini:

  1. Bisa menambah tautan yang tak terbatas, baik di Instagram maupun platform digital lainnya.
  2. Bisa menampilkan statistik data berapa orang yang sudah mengakses Linktree.
  3. Dalam Linktree terdapat fitur yang memfasilitasi seseorang bisa melakukan kustomisasi, seperti halnya gambar yang berisikan tentang branding sebuah usaha.

Cara membuat Linktree gratis

Setelah menyimak penjelasan Linktree di atas, jika tertarik membuatnya, silakan perhatikan langkah-langkah membuat Linktree berikut ini:

  1.       Buat akun Linktree gratis
  • Buat akun lebih dulu.
  • Pilih Sign up free.
  • Isilah data yang mencakup email, password, serta username.
  • Login ke Linktree sesuai dengan data yang telah dibuat di atas.
  1.       Jelaskan tentang dirimu dan pilih kategori

Langkah selanjutnya ialah perkenalkan siapa dirimu. Ikuti petunjuk yang ada di layar lalu pilih kategori yang sesuai seperti business, creative, education, entertainment, health & wellness, dan lain-lain. Setelah menentukan pilihan, langkah selanjutnya menekan tombol Continue.

  1.       Pilih rencana paket

Pilih paket Linktree gratis agar tidak dikenakan biaya sepeser pun, meski dalam pilihan paket tersebut juga terdapat fitur yang berbayar.

  1.       Edit halaman dashboard

Langkah selanjutnya setelah memilih paket Linktree, pengguna bisa mengedit bagian dashboard dan jangan lupa untuk menambah tautan baru dengan cara klik “Add New Link”. Setelah itu tinggal masukkan title dan URL yang dituju.

Terdapat dua opsi untuk menambahkan tautan ke akun Linktree, yakni melalui “Add New Link” atau bisa juga melalui “Explore Links”.

  1.       Bagikan akun Linktree

Setelah melakukan serangkaian langkah-langkah dalam pembuatan Lintree di atas, selanjutnya yang harus dilakukan adalah bagikan akun Linktree yang ada kemudian simpan tautan tersebut di profil Instagram.

Demikian penjelasan mengenai cara membuat Linktree gratis. Setelah mengetahui langkah-langkah dalam pembuatan Linktree, tunggu apalagi? Yuk segera bikin tautan ini di profil Instagram.

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR