Cara Mendapatkan Apple Music Replay, Mirip dengan Spotify Wrapped

2 Desember 2023 08:12 WIB

Narasi TV

Ilustrasi logo Apple Music. (Sumber: ANTARA/HO-9to5 Mac)

Penulis: Moh. Afaf El Kurniawan

Editor: Rizal Amril

Tidak hanya di Spotify, pengguna Apple Music juga memiliki opsi untuk berbagi "rapor tahunan" mereka melalui Apple Music Replay 2023, dengan cara yang mudah dan sederhana.

Menjelang akhir tahun 2023, muncul tren yang banyak dibagikan di media sosial oleh para pecinta musik yang senang mendengarkan lagu-lagu favorit melalui platform streaming kesukaan mereka. 

Mirip dengan Spotify Wrapped 2023, Apple Music Replay 2023 memberikan peluang bagi pengguna platform streaming musik berbayar milik Apple untuk berbagi wawasan terkait lagu-lagu yang telah mereka dengarkan dalam satu tahun terakhir. 

Hal ini mencakup informasi mengenai artis favorit, lagu yang paling sering diputar, dan genre musik yang mendominasi playlist pengguna.

Hasil yang ditampilkan oleh Apple Music Replay 2023 dapat langsung dibagikan ke media sosial dengan berbagai tujuan, mulai dari hiburan semata, membandingkan selera musik dengan teman, hingga menjadi pembicaraan awal untuk percakapan.

Cara dapat akses Apple Music Replay 2023

Meskipun cara mendapat aksesnya sedikit berbeda dari Spotify Wrapped 2023, pengguna dapat mengaksesnya dengan mudah baik melalui perangkat iPhone dan iPad, maupun melalui laptop.

Untuk akses yang paling simpel, pengguna dapat membuka Apple Music Replay 2023 langsung dari aplikasi Apple Music di smartphone mereka. 

Tidak hanya di iPhone, fitur baru ini, yang eksklusif muncul di akhir tahun, juga dapat diakses melalui aplikasi Apple Music yang diinstal di perangkat Android.

Selain muncul sebagai pop-up, fitur ini juga dapat ditemukan di tab "Listen Now". Dengan mengkliknya, pengguna akan diarahkan ke halaman web khusus.

Berbeda dengan Spotify yang dapat diakses langsung dari aplikasinya, Apple Music Replay 2023 harus diakses melalui browser dan melibatkan proses login tambahan. 

Jika ingin mengaksesnya langsung dari browser, termasuk di laptop, pengguna dapat mengunjungi tautan yang disediakan.

Dari pengalaman yang kami temui, proses login kadang-kadang mengalami kendala. 

Jika pengguna tidak melihat kemajuan setelah login, cukup lakukan refresh halaman pada situs Apple Music Replay 2023. Setelah berhasil login, pengguna akan melihat tampilan seperti pada gambar yang disertakan.

Saat diputar, Apple Music Replay 2023 akan menampilkan serangkaian highlight yang diputar seperti konten Reels atau Stories. Pengguna dapat melewati atau kembali ke bawah.

Dalam setiap bagian, pengguna dapat menyimpan highlight tersebut sebagai gambar dengan menekan tombol yang tersedia di pojok kanan bawah. Gambar tersebut dapat dibagikan ke media sosial atau aplikasi pesan favorit.

Jika ada highlight yang terlewat, pengguna dapat mengulanginya kapan saja dengan mengakses halaman Apple Music Replay 2023 kembali. 

Selain itu, Apple juga akan menampilkan informasi tambahan, seperti waktu total penggunaan platform untuk mendengarkan musik, mencapai 25 ribu menit, serta jumlah artis dan lagu yang telah ditemukan pengguna.

Selain dari aplikasi di smartphone dan tablet Apple dan Android, pengguna juga dapat mengakses Apple Music Replay 2023 dari Apple Music pada laptop Mac. Caranya sama, hanya dengan membuka aplikasi Apple Music.

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR