Cara Mengatasi Masalah Penyimpanan Penuh di Gmail dengan Efektif

27 Juni 2024 11:06 WIB

Narasi TV

Logo Goole. Sumber: Reuters.

Penulis: Moh. Afaf El Kurniawan

Editor: Margareth Ratih. F

Dalam kehidupan sehari-hari yang sibuk, surat elektronik atau email telah menjadi teknologi yang tak terpisahkan dari aktivitas dan pekerjaan kita.

Hampir setiap orang memiliki akun Gmail untuk memudahkan pengiriman dokumen dan file secara online, baik itu untuk keperluan akademis maupun profesional. Oleh karena itu, memori penuh pada akun Gmail bisa menjadi mimpi buruk bagi penggunanya.

Dengan kapasitas penyimpanan 15GB yang ditawarkan oleh Gmail, penting bagi kita untuk memanfaatkannya sebaik mungkin agar dapat digunakan dalam jangka waktu yang panjang.

Lalu, apa yang bisa dilakukan jika penyimpanan Gmail sudah penuh? Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat membantu mencegah dan mengatasi masalah ini.

Melansir dari laman Support Google, berikut adalah beberapa cara efektif untuk mengatasi penyimpanan Gmail yang penuh:

1. Menghapus file besar di Google Drive

Langkah pertama adalah dengan menghapus file besar di Google Drive. Caranya cukup mudah, buka Gmail di komputer dan urutkan file berdasarkan ukuran dari yang terbesar hingga terkecil.

Setelah itu, pindahkan file-file besar ke Sampah dan hapus secara permanen. Dengan demikian, ruang penyimpanan akan lebih lega.

2. Menghapus email dengan lampiran besar

Menghapus email dengan lampiran besar merupakan langkah selanjutnya. Caranya, ketik "has

larger:10M" di kolom pencarian Gmail. Angka 10 tersebut mewakili ukuran file dalam megabyte. Cari file yang berukuran besar, hapus email tersebut, dan kemudian kosongkan folder Sampah.

3. Menghapus email di folder spam

Selain email berukuran besar, email yang berada di folder spam juga bisa memakan banyak ruang. Untuk menghapusnya, cukup buka folder spam, klik "Hapus Sekarang" dan pilih "Hapus Selamanya". Ini akan membantu membebaskan lebih banyak ruang penyimpanan.

4. Menghapus foto dan video

Penyimpanan Gmail juga mencakup Google Drive dan Google Photos. Oleh karena itu, menghapus foto dan video di Google Photos dapat membantu mengatasi penyimpanan Gmail yang penuh. Periksa file multimedia yang tidak diperlukan dan hapus untuk mengosongkan ruang.

5. Menghapus data tersembunyi di Google Drive

Data tersembunyi di Google Drive seringkali memakan ruang yang cukup besar. Untuk mengatasinya, buka Google Drive dan hapus data yang tidak terlihat tetapi menumpuk. Langkah ini akan membantu menjaga kapasitas penyimpanan tetap tersedia.

6. Membeli kapasitas penyimpanan tambahan

Jika semua file atau email di dalam Gmail Anda penting dan tidak dapat dihapus, opsi terakhir adalah membeli kapasitas penyimpanan tambahan.

Google menawarkan berbagai paket penyimpanan yang dapat di-upgrade sesuai kebutuhan. Ini bisa menjadi solusi jangka panjang untuk menghindari masalah penyimpanan penuh.

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR