Memori iPhone Penuh? Ini 5 Cara Mengatasinya

26 Jul 2024 20:07 WIB

thumbnail-article

Ilustrasi iPhone. (Sumber: Freepik/originalmockup)

Penulis: Nuha Khairunnisa

Editor: Rizal Amril

Apakah kamu mengalami ruang penyimpanan iPhone yang penuh sampai tidak bisa lagi menyimpan foto, video, atau dokumen?

Jangan khawatir, sebab artikel ini akan membahas cara mengatasi memori iPhone yang penuh dengan cara yang mudah. 

Penggunaan iPhone dari waktu ke waktu akan membuat memori perangkat menjadi penuh. Apalagi, iPhone hanya mengandalkan memori internal dan tidak menyediakan slot untuk microSD. 

Padahal, memori yang penuh akan membuat penggunaan iPhone menjadi tidak maksimal. Selain tidak bisa menyimpan file, performa perangkat juga akan menurun. 

Oleh sebab itu, jika memori iPhone sudah penuh, perlu dilakukan sejumlah cara untuk membuat ruang penyimpanan menjadi lebih lega. Bagaimana caranya?

1. Hapus cache aplikasi

Langkah pertama yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi memori iPhone yang penuh adalah dengan menghapus cache aplikasi dan website. 

Cache merupakan data sementara yang berisi aktivitas pengguna saat menjalankan aplikasi atau mengakses website lewat browser

Cache aplikasi biasanya tersimpan dalam ukuran yang cukup besar. Oleh sebab itu, menghapus cache bisa sangat membantu dalam  melegakan kapasitas memori iPhone. 

Untuk menghapus cache aplikasi, kamu bisa menghapus dan meng-install ulang aplikasi. Cara lainnya adalah dengan melakukan Offload App melalui menu Pengaturan.

2. Hapus foto dan video yang tidak diinginkan

Koleksi foto dan video menjadi salah satu penyebab yang kerap dijumpai pada kasus memori iPhone penuh.

Foto dan video di iPhone mengambil ruang penyimpanan yang besar, dengan ukuran memori satu foto berkisar antara 2–5 MB. Semakin banyak foto, semakin banyak pula memori yang terpakai. 

Jika penyebab penuhnya memori iPhone-mu adalah karena foto dan video yang menumpuk, cobalah untuk menghapus yang foto dan video tidak ingin disimpan.

Kamu bisa melakukannya langsung lewat galeri Photos. Selanjutnya, jangan lupa untuk memilih opsi “Hapus Semua” pada menu “Baru Dihapus” untuk menghapus foto dan video secara permanen. 

3. Manfaatkan penyimpanan cloud

Bagaimana jika ingin melegakan memori iPhone tanpa harus menghapus data seperti foto dan video? Tenang saja, kamu bisa memanfaatkan layanan penyimpanan awan atau cloud seperti iCloud, Google Drive, atau Dropbox. 

Setelah mengunggah semua file ke penyimpanan cloud, kamu bisa menghapus file-file tersebut dari perangkat iPhone. Ketika akan membutuhkan file tersebut di kemudian hari, kamu selalu bisa mengaksesnya kembali selama ada jaringan internet. 

4. Hapus aplikasi yang tidak digunakan

Pengguna iPhone biasanya tidak menyadari ada aplikasi apa saja yang terpasang ponselnya selain aplikasi yang memang biasa digunakan. Padahal, aplikasi-aplikasi yang tak tersentuh ini turut memakan ruang penyimpanan di iPhone. 

Maka dari itu, hapus saja aplikasi-aplikasi yang jarang atau bahkan tidak pernah digunakan. Caranya pun sangat mudah, kamu tinggal mengetuk dan menahan layar beranda hingga aplikasi terlihat bergoyang. Kemudian, klik ikon stirp (-) di pojok kiri atas logo aplikasi, lalu pilih “Hapus Aplikasi”.

5. Hapus pesan lama

Terakhir, kamu bisa mengatasi memori iPhone yang penuh dengan menghapus pesan-pesan lama. Umumnya, pesan memang tidak memakan banyak ruang penyimpanan. Namun, jika dibiarkan bertumpuk, tentunya akan semakin banyak memori yang terpakai. 

Oleh sebab itu, tidak ada salahnya untuk menghapus pesan-pesan secara berkala, misalnya setiap sebulan atau setahun sekali. Caranya yakni dengan membuka menu “Pengaturan”, lali pilih “Pesan” dan “Simpan Pesan”. 

Selanjutnya, pilih durasi penyimpanan pesan “30 hari” atau “1 tahun” sebelum pesan nantinya akan dihapus secara otomatis. 

Nah, itu dia informasi seputar cara mengatasi memori iPhone yang penuh. Selamat mencoba!

Apa Komentarmu?

Tulis komentar

ARTIKEL TERKAIT

VIDEO TERKAIT

KOMENTAR

Latest Comment

Belum ada komentar

Jadilah yang pertama mengirimkan komentar untuk bertukar gagasan dengan pengguna lainnya

TERPOPULER