Benarkah Ada Cara Mengetahui Orang yang Screenshot Instagram Story? Berikut Penjelasannya

26 Juni 2023 17:06 WIB

Narasi TV

Ilustrasi seseorang yang sedang menggunakan Instagram. Sumber: Pexel.

Penulis: Rusti Dian

Editor: Margareth Ratih. F

Tahukah kamu bahwa ada cara untuk mengetahui orang yang screenshot Instagram Story kita? Jadi kita bisa melihat siapa saja yang mengambil screenshot dari Instagram Story yang diunggah selama 24 jam.

Screenshot atau tangkapan layar adalah gambar digital yang menampilkan isi layar komputer, HP, maupun tablet. Biasanya kita melakukan screenshot untuk sesuatu yang dianggap penting. Apalagi Instagram Story hanya akan terlihat selama 24 jam saja, kecuali jika story tersebut disimpan di highlight oleh pengunggahnya.

Apabila kamu tidak ingin kelewatan informasi tersebut, kamu bisa melakukan screenshot Instagram Story agar bisa dilihat kapan saja. Namun, apakah benar Instagram memiliki fitur untuk bisa mengetahui orang yang screenshot Instagram Story?

Pada dasarnya, fitur tersebut sudah dibatalkan alias tidak berlaku lagi di Instagram. Alasan pembatalannya adalah karena masalah privasi, penggunaan platform untuk mendorong interaksi antar pengguna, serta lumrahnya perilaku pengguna untuk mengambil tangkapan layar.

Cara mengetahui orang yang screenshot DM Instagram

Fitur untuk mengetahui orang yang mengambil tangkapan layar tidak lagi berlaku bagi Instagram Story, melainkan berlaku bagi direct message (DM). Pengguna bisa mengetahui apabila seseorang melakukan screenshot pesan di DM, khususnya screenshot foto atau video.

Berikut cara mengetahui orang yang screenshot DM Instagram:

  • Buka aplikasi Instagram.
  • Klik ikon balon messenger di pojok kanan atas untuk membuka DM.
  • Buka pesan dari orang/pengguna yang kamu pilih.
  • Klik ikon kamera di sudut kiri bawah.
  • Setelah mengambil foto atau video, klik tulisan “Allow Replay” di pojok kiri bawah.
  • Kirimkan foto atau video tersebut.

Apabila pengguna tersebut mengambil tangkapan layar dari foto atau video yang kamu kirim, maka akan muncul notifikasi di HP-mu berupa “(nama pengguna) took a screenshot of the photo you sent”.

Cara mengaktifkan mode privasi di DM

Instagram juga menyediakan fitur berkirim pesan di DM secara rahasia. Caranya adalah dengan mengaktifkan vanish mode. Fitur tersebut memungkinkan pengguna untuk berkirim pesan secara rahasia. Ketika pengguna keluar dari ruang obrolan DM, maka pesan tersebut akan terhapus.

Sebelum mengaktifkan vanish mode, pastikan pengguna lain yang sedang berkirim pesan denganmu juga mengaktifkan mode tersebut. Berikut cara untuk mengaktifkan vanish mode:

    • Buka aplikasi Instagram.
    • Klik ikon messenger di pojok kanan atas.
    • Klik kolom chatting bersama salah satu pengguna.
    • Masuk ke room chat.
    • Gulirkan room chat ke atas untuk mengaktifkan vanish mode.
    • Vanish mode berhasil diaktifkan.

Apabila kamu ingin menonaktifkan fitur tersebut, kamu bisa menggulirkan room chat ke atas kembali.

Itu tadi fitur terbaru di Instagram yang bisa kamu coba untuk keperluan privasimu. Sekali lagi, fitur mengetahui orang yang melakukan screenshot dari Instagram Story, Reel, maupun postingan sudah dihapuskan oleh Instagram sehingga kamu tidak perlu merasa khawatir diketahui oleh pengguna atau pemilik konten.

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR