8 Cara Menghafal dengan Cepat, Meningkatkan Daya Ingat Jangka Pendek

13 April 2023 18:04 WIB

Narasi TV

Ilustrasi seorang anak menerapkan cara menghafal cepat dengan membuat mind map. (Sumber: Pexels/Julia M Cameron)

Penulis: Rusti Dian

Editor: Rizal Amril

Cara menghafal dengan cepat terkadang diperlukan dalam waktu-waktu tertentu seperti ketika hendak mengikuti tes atau ujian.

Meskipun pembelajaran yang baik adalah pembelajaran yang berorientasi pada pemahaman dan bukan hafalan, namun menghafal masih tetap dibutuhkan ketika belajar.

Ada cara tersendiri yang bisa digunakan untuk meningkatkan kemampuan menghafal dengan cepat.

Selain cara-cara praktis yang berkaitan dengan membaca/menulis, cara meningkatkan daya ingat ternyata juga dapat dilakukan dengan cara di luar itu seperti waktu tidur yang cukup.

Cara menghafal dengan cepat

Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghafal dengan cepat dihimpun dari berbagai sumber:

1. Membaca terus menerus dan berulang

Dengan membaca materi secara terus menerus dan berulang-ulang, maka ingatan jangka pendek akan meningkat sehingga daya ingatmu menjadi lebih baik. 

Kuncinya adalah membaca dengan penuh konsentrasi. Usahakan jangan ada yang bisa mendistraksi konsentrasi membacamu.

2. Catat poin-poin pentingnya

Setelah membaca secara berulang, kamu bisa mencatat poin pentingnya. Mungkin kamu tidak bisa menghafal semuanya, tapi kamu bisa menghafal poin-poin pentingnya. 

Apalagi jika kamu mencatat ulang poin penting tersebut menggunakan bahasamu. Maka kamu bisa dengan cepat memahami apa yang kamu hafalkan.

3. Buat mind mapping

Poin-poin penting tersebut bisa kamu catat ulang dengan membuat mind mapping atau peta konsep. 

Cara menghafal seperti ini juga bisa menyeimbangkan antara otak kanan dan otak kiri karena melibatkan imajinasi dan kreativitas.

4. Membaca dengan keras atau diucapkan

Ketika kamu membaca sambil bersuara, maka proses menghafal akan semakin mudah. Cara ini sangat cocok diterapkan bagi kamu yang menyukai gaya belajar auditori. 

Jika kamu ingin membaca sambil bersuara, usahakan cari tempat yang sepi agar bisa fokus.

5. Berikan waktu jeda saat sedang menghafal

Selama proses menghafal, jangan lupa berikan waktu jeda untuk otakmu memproses materi yang sedang dihafalkan. Dengan begitu, otak tidak lagi terasa jenuh dan siap menerima informasi kembali.

6. Hindari sesuatu yang mengganggu

Oleh karena kamu membutuhkan konsentrasi, maka kamu harus menghindari segala sesuatu yang mengganggu. 

Coba cari tempat yang jauh dari keramaian untuk menghindari distraksi. Ketika sedang menghafal, usahakan tidak sambil melakukan aktivitas yang lain.

7. Hindari sistem kebut semalam

Otak membutuhkan waktu untuk menyerap materi yang sedang kita hafalkan. Oleh karena itu, usahakan menghafal jauh-jauh hari dan jangan menggunakan sistem kebut semalam. 

Apalagi kapasitas otak setiap orang berbeda-beda. Ada yang bisa menghafal dengan cepat, ada juga yang memerlukan waktu cukup lama.

8. Tidur yang cukup

Istirahat yang cukup juga bisa menjadi kunci kesuksesan menghafal dengan cepat. Dengan begitu, kamu bisa lebih fokus ketika sedang belajar karena tidak merasa mengantuk atau kelelahan.

Walaupun metode menghafal cepat ini diperbolehkan, tapi tidak dianjurkan untuk dilakukan terlalu sering.

Hal tersebut karena metode menghafal cepat seperti sedang melakukan aktivitas fisik. Kemampuan mengingat akan terbentuk, namun cepat hilang ketika seseorang berhenti melakukannya.

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR