Cara Menghilangkan Flek Hitam di Wajah secara Alami dan Medis

12 Juli 2023 14:07 WIB

Narasi TV

Flek hitam pada wajah. Sumber: Halodoc.

Penulis: Elok Nuri

Editor: Margareth Ratih. F

Semua orang pasti menginginkan wajah yang cantik, mulus, bersih, dan glowing. Namun bagaimana jadinya jika wajah mulus kita terdapat flek hitam yang dapat mengganggu penampilan? Tenang tidak usah khawatir. Berikut adalah cara menghilangkan flek hitam di wajah.

Flek hitam sendiri merupakan noda atau bintik-bintik gelap yang ada pada wajah. Hal ini terjadi lantaran produksi melanin pada kulit berlebihan. Selain itu ada beberapa faktor yang menyebabkan kulit memiliki flek hitam seperti: 

  • Paparan sinar ultraviolet yang berlebihan
  • Faktor genetik.
  • Ketidakseimbangan hormon karena mengkonsumsi KB hormon
  • Mengonsumsi obat-obatan tertentu.
  • Kurangnya vitamin dalam tubuh
  • Kurang jam istirahat atau tidur
  • Overthinking dan stress yang berlebihan

Cara menghilangkan flek hitam di wajah secara alami

Noda hitam yang ada di wajah pada dasarnya bisa memudar dengan sendirinya seiring pertumbuhan usia. Untuk memudarkan flek atau noda hitam di wajah bisa menggunakan bahan-bahan alami. Berikut adalah daftarnya:

  • Alpukat

Kandungan vitamin E yang terdapat di buah satu ini dapat membantu menyamarkan noda hitam di wajah. Caranya cukup mudah. Kamu hanya perlu menghaluskan buah alpukat yang telah dicampur dengan perasan lemon.

Kemudian oleskan alpukat yang sudah dihancurkan tersebut di arek flek hitam wajak, tunggu beberapa menit, kemudian bilas hingga bersih.

  • Lidah buaya

Menggunakan lidah buaya merupakan alternatif selanjutnya untuk menghilangkan flek hitam di wajah. Gel lidah buaya diketahui mengandung senyawa aloin dan asam salisilat  yang dapat memudarkan noda hitam.

Selain itu lidah buaya juga memiliki kandungan antioksidan dan vitamin yang dapat mengurangi hiperpigmentasi akibat paparan sinar UV.

  • Kunyit

Bahan alami satu ini juga bisa menjadi bahan alami yang bisa dicoba untuk menghilangkan noda hitam di wajah. Hal ini lantaran kunyit memiliki senyawa yang cukup efektif dalam mengurangi produksi hormon melanin.

Selain dipercaya untuk menghilangkan flek hitam, kunyit juga dipercaya bisa mencegah penuaan dini loh.

Cara menghilangkan flek hitam di wajah secara medis

Selain menggunakan bahan alami, kamu juga bisa melakukan perawatn wajah dan langsung konsultasi ke dokter kulit mengenai flek hitam yang ada di wajah. Biasanya ada beberapa treatment yang dilakukan secara medis di antaranya: 

  • Laser treatment

Perawatan jenis satu ini biasanya dilakukan dengan menggunakan sinar laser untuk menyinari bagian wajah yang terdapat flek hitam. Sinar laser akan bekerja secara langsung untuk mengurangi flek hitam.

Setelah melakukan laser biasanya kulit akan kemerahan dan menjadi lebih sensitif, untuk itu selalu siapkan sun cream untuk mengatasi paparan sinar matahari langsung. 

  • Mikrodermabrasi

Selanjutnya ada Mikrodermabrasi. Perawatan satu ini biasanya menggunakan butiran kristal halus dan vakum khusus yang berfungsi mengangkat sel-sel kulit mati.

Selain menghilangkan flek hitam, treatment satu ini juga dapat memudarkan bekas jerawat, menghilangkan garis halus pada wajah, dan juga meratakan tekstur pada kulit.

  • Cryosurgery

Cryosurgery salah satu pengobatan medis yang dilakukan dengan cara mengoleskan cairan nitrogen bersuhu rendah  pada area wajah. Namun, perlu diketahui tidak semua flek hitam bisa hilang menggunakan teknik ini.

Semoga informasi ini bermanfaat!

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR